RPP satu lembar Kelas 9 smt Ganjil
RPP
Sesuai Surat Edaran Kemendikbud No 14 Tahun 2019
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
No.
.1
Nama Satuan Pendidikan : SMP
Negeri 2 Kelayang.
Mata Pelajaran/Tema : Pendidikan
Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Semester : IV/Ganjil : IX (Sembilan)
/ II (Ganjil)
Materi Pokok : Iman Kepada Hari akhir
Alokasi Waktu
: 2 Pertemuan (6 JPL)
Tujuan Pembelajaran
Pertemuan pertama
Setelah mengikuti
serangkaian kegiatan pembelajaran melalui Metode Discovery Learning peserta
didik diharapkan mampu:
1. Mendeskripsikan pengertian iman kepada hari akhir dengan benar
2. Menunjukkan dalil iman kepada hari akhir dengan benar
3. Mampu mempraktekkankan lafaz dalil-dalil tersebut dengan baik dan benar
4. Menyebutkan macam-macam kiamat dengan benar
5. Menjelaskan contoh kejadian kiamat sughra dengan benar
6. Menjelaskan proses kejadian kiamat kubro dengan benar
Pertemuan kedua
Setelah mengikuti
serangkaian kegiatan pembelajaran melalui Metode Project Based Learning dan
Drill peserta didik diharapkan mampu:
1. Menjelaskan kehidupan yang dialami manusia setelah hari kiamat dengan
benar
2. Menunjukkan perilaku beriman kepada hari akhir dalam kehidupan
sehari-hari dengan benar
3. Berperilaku mawas diri sebagai implementasi dari pemahaman iman kepada
hari akhir dengan benar
1.
Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
1.1. Alat
dan Bahan
1.1.1. Alat : papan tulis, spidol, infocus, laptop
1.1.2. Bahan : Buku PAI kelas IX
1.1.3. Pertanyaan
Dapatkah siswa
memahami tentang hari kiamat?
1.2. Siswa
berlatih praktik /mengerjakan tugas halaman buku .....
1.3. Siswa
mempresentasikan hasil kerja kelompok/individu
Tentang hari
kiamat.
1.4. Menyimpulkan
dan Penilaian Pembelajaran
1.4.1. Kesimpulan Pembelajaran
Iman kepada hari akhir adalah meyakini bahwa seluruh alam termasuk dunia
dan seisinya akan mengalami kehancuran.
1.4.2. Penilaian
No. |
Indikator |
Butir Instrumen |
1. |
Menjelaskan
pengertian hari kiamat |
Jelaskan pengertian hari kiamat |
2. |
Menyebutkan
dalil naqli tentang hari kiamat |
Sebutkan dalil naqli yang
menerangkan hari kiamat |
3. |
Menjelaskan macam-macam kiamat |
Jelaskan
macam-macam kiamat |
4. |
Menjelaskan contoh kejadian kamat sughro |
Jelaskan
contoh kejadian kiamat sughro |
5. |
Menyebutkan proses kejadian kiamat kubro |
Sebutkan
proses kejadian kiamat kubro berdasarkan surat al-zalzalah ! |
6. |
Menjelaskan kehidupan yang dialami manusia
setelah hari kiamat |
Jelaskan
kehidupan yang dialami manusia setelah hari kiamat |
Simpang Kelayang, 13 Juli. 2020
Mangetahui
Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah
Drs.
NAJRI,M.Si
ELIAH AFRIDA,M.Pd.
RPP
Sesuai Surat Edaran Kemendikbud No 14 Tahun 2019
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
No. 2
Nama Satuan Pendidikan : SMP
Negeri 2 Kelayang.
Mata Pelajaran/Tema :
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Semester : IV/Ganjil : IX (Sembilan)
/ II (Ganjil)
Materi Pokok : Jujur dan Amanah
Alokasi Waktu
: 2 Pertemuan (6 JPL)
Tujuan Pembelajaran
Pertemuan pertama
Setelah mengikuti
serangkaian kegiatan pembelajaran peserta didik dapat:
1.
Mendefiniskan pengertian kata jujur dan menepati janji
2.
Menelaah dalil naqli tentang jujur dan menepati
janji
3.
Menyebutkan jenis jujur dan menepati janji
4.
Mengidentifikasi mamfaat perilaku jujur dan menepati janji
Pertemuan kedua
Setelah mengikuti
serangkaian kegiatan pembelajaran peserta didik dapat:
1. Menunjukkan
cara berperilaku jujur dan menepati janji dalam kehidupan
sehari-hari
2. Menunjukkan
contoh penerapan berperilaku jujur dan menepati janji dalam
kehidupan sehari-hari
2.
Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
2.1. Alat
dan Bahan
2.1.1. Alat : papan tulis, spidol, infocus, laptop
2.1.2. Bahan : Buku PAI kelas IX
2.1.3. Pertanyaan
Dapatkah siswa
memahami jujur dan menepati janji?
2.2. Siswa
berlatih praktik /mengerjakan tugas halaman buku .....
2.3. Siswa
mempresentasikan hasil kerja kelompok/individu
Tentang jujur
dan menepati janji.
2.4. Menyimpulkan
dan Penilaian Pembelajaran
2.4.1. Kesimpulan Pembelajaran
• Jujur merupakan suatu perilaku yang sesuai
dengan hati nurani, wajar dan tidak menyalahi aturan.
2.4.2. Penilaian
1. Jujur
artinya adalah…
2. Menurut
Q.S. Ali ‘Imrān/3 ayat 77 bahwa orang-orang yang melanggar janji dan sumpah
kepada Allah Swt. akan mendapat ....
Simpang Kelayang, 13 Juli. 2020
Mangetahui
Guru Mata Pelajaran
Kepala
Sekolah
Drs. NAJRI,M.Si
ELIAH AFRIDA,M.Pd.
RPP
Sesuai Surat Edaran Kemendikbud No 14 Tahun 2019
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
No.
3
Nama Satuan Pendidikan : SMP
Negeri 2 Kelayang.
Mata Pelajaran/Tema : Pendidikan
Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Semester : IV/Ganjil : IX (Sembilan)
/ II (Ganjil)
Materi Pokok : Hormat pada Orang tua dan guru
Alokasi Waktu
: 2 Pertemuan (6 JPL)
Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti
serangkaian kegiatan pembelajaran melalui Metode Discovery Learning peserta
didik diharapkan mampu:
1. mendeskripkripsikan pengertian menghormati
kepada orang tua dan guru dengan benar
2. menunjukkan dalil menghormati kepada orang tua
dan guru dengan benar
3. menunjukkan contoh perilaku menghormati kepada
orang tua dan guru dalam kehidupan sehari-hari dengan benar
4. menunjukkan contoh perilaku taat kepada orang
tua dan guru dalam kehidupan sehari-hari dengan benar.
5. mendeskripsikan pengertian taat kepada orang
tua dan guru dengan benar.
6. menunjukkan dalil taat kepada orang tua dan
guru dengan benar.
7. berperilaku menghormati kepada orang tua dan
guru dengan benar.
8. berperilaku taat kepada orang tua dan guru
dengan benar.
3.
Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
3.1. Alat
dan Bahan
3.1.1. Alat : papan tulis, spidol, infocus, laptop
3.1.2. Bahan : Buku PAI kelas IX
3.1.3. Pertanyaan
Dapatkah siswa
memahami hormat pada orang tua dan guru?
3.2. Siswa
berlatih praktik /mengerjakan tugas halaman buku .....
3.3. Siswa
mempresentasikan hasil kerja kelompok/individu
Tentang hormat
pada orang tua dan guru.
3.4. Menyimpulkan
dan Penilaian Pembelajaran
3.4.1. Kesimpulan Pembelajaran
Berbakti pada
orang tua merupakan kewajiban seorang anak sebagaimana terdapat dalam Q.S.
al-Isra ayat 23 dan Luqman ayat 14.
3.4.2. Penilaian
1. Jelaskan
cara menaati orang tua adan guru!
Simpang
Kelayang, 13 Juli. 2020
Mangetahui
Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah
Drs.
NAJRI,M.Si ELIAH
AFRIDA,M.Pd.
RPP
Sesuai Surat Edaran Kemendikbud No 14 Tahun 2019
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
No.
4
Nama Satuan Pendidikan : SMP
Negeri 2 Kelayang.
Mata Pelajaran/Tema : Pendidikan
Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Semester : IV/Ganjil : IX (Sembilan)
/ II (Ganjil)
Materi Pokok : Zakat
Alokasi Waktu
: 2 Pertemuan (6 JPL)
Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran dengan metode
discovery learning peserta didik dapat:
1. Menjelaskan
pengertian zakat fitrah
2. Menunjukkan
ayat al-Qur’an dan Hadits tentang zakat fitrah
3. Menyebutkan
hukum zakat fitrah
4. Menjelaskan
syarat dan rukun zakat fitrah
5. Kadar
dan waktu zakat fitrah
6. Menjelaskan
tata cara mengeluarkan zakat fitrah
Pertemuan Kedua
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran dengan metode
discovery learning peserta didik dapat:
1. Menjelaskan
pengertian zakat mal
2. Menunujkkan
ayat al-Qur’an dan Hadits tentang zakat mal
3. Menyebutkan
hukum zakat mal
4. Menjelaskan
syarat muzakki
5. Menyebutkan
mustahik berdasarkan Q.S. at-Taubah/9:60
6. Menjelaskan
jenis-jenis harta yang wajib dizakati
7. Menyebutkan
nisab zakat mal sesuai jenisnya
8. Menyebutkan
hikmah zakat
Pertemuan Ketiga
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran dengan metode
problem based learning peserta didik dapat:
1. Memperagakan
pembayaran zakat fitrah kepada teman
2. Membedakan
zakat fitrah dan zakat mal
4.
Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
4.1. Alat
dan Bahan
4.1.1. Alat : papan tulis, spidol, infocus, laptop
4.1.2. Bahan : Buku PAI kelas IX
4.1.3. Pertanyaan
Dapatkah siswa
memahami ketentuan dan tata cara zakat?
4.2. Siswa
berlatih praktik /mengerjakan tugas halaman buku .....
4.3. Siswa
mempresentasikan hasil kerja kelompok/individu
Tentang ketentuan
dan tatacara zakat.
4.4. Menyimpulkan
dan Penilaian Pembelajaran
4.4.1. Kesimpulan Pembelajaran
Zakat dibagi dua macam, yaitu zakat fitrah
dan zakat mal. Zakat fitrah adalah zakat kesucian.
4.4.2. Penilaian
1.
Zakat merupakan salah satu kewajiban
bagi umat Islam. Arti dari zakat adalah ....
2.
Salah satu jenis zakat adalah zakat
mal. Yang dimaksud dengan zakat mal yaitu ....
Simpang Kelayang, 13 Juli. 2020
Mangetahui
Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah
Drs.
NAJRI,M.Si ELIAH AFRIDA,M.Pd.
RPP
Sesuai Surat Edaran Kemendikbud No 14 Tahun 2019
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
No.
5
Nama Satuan Pendidikan : SMP
Negeri 2 Kelayang.
Mata Pelajaran/Tema : Pendidikan
Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Semester : IV/Ganjil : IX (Sembilan)
/ II (Ganjil)
Materi Pokok : Haji dan Umrah
Alokasi Waktu
: 2 Pertemuan (6 JPL)
Tujuan Pembelajaran
a.
Pertemuan
Pertama
Setelah
mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran melalui Metode Discovery Learning
peserta didik diharapkan mampu:
1.
Meyakini bahwa ibadah haji dan umrah adalah perintah allah swt.
2.
Menunjukkan perilaku menjaga solidaritas umat islam dalam
kehidupan sehari-hari
3.
Memahami penjelasan mengenai hukum, ketentuan, dan tata cara
ibadah haji
b. Pertemuan 2
4. Memahami penjelasan mengenai hukum,
ketentuan, dan tata cara ibadah umrah
5. Menjelaskan dengan diagram alur
pelaksanaan manasik ibadah haji dan umrah.
6. Menjelaskan hikmah ibadah haji dan
umrah dalam kehidupan.
7. Membuat analisis diagram alur
pelaksanaan haji ifrad, qiran, dan tamattuk.
8. Merumuskan hikmah dan manfaat
pelaksanaan haji dan umrah.
9.
Menyajikan paparan diagram alur pelaksanaan manasik ibadah haji
dan umrah.
10.
Mendemonstrasikan manasik haji
5.
Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
5.1. Alat
dan Bahan
5.1.1. Alat : papan tulis, spidol, infocus, laptop
5.1.2. Bahan : Buku PAI kelas IX
5.1.3. Pertanyaan
Dapatkah siswa
memahami haji dan umrah?
5.2. Siswa
berlatih praktik /mengerjakan tugas halaman buku .....
5.3. Siswa
mempresentasikan hasil kerja kelompok/individu
Tentang haji
dan umrah.
5.4. Menyimpulkan
dan Penilaian Pembelajaran
5.4.1. Kesimpulan Pembelajaran
Haji dan umrah
merupakan kewajiban manusia yang mampu.
5.4.2. Penilaian
1. Orang
yang diwajibkan untuk melaksanakan
haji adalah orang yang ....
2. Serangkaian
kegiatan yang harus dilaksanakan oleh para jamaah haji dan jika tidak dilaksanakan
menyebabkan hajinya tidak sah adalah ....
Simpang Kelayang, 13 Juli. 2020
Mangetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah
Drs.
NAJRI,M.Si
ELIAH AFRIDA,M.Pd.
RPP
Sesuai Surat Edaran Kemendikbud No 14 Tahun 2019
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
No. 6
Nama Satuan Pendidikan : SMP
Negeri 2 Kelayang.
Mata Pelajaran/Tema :
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Semester : IV/Ganjil : IX (Sembilan)
/ II (Ganjil)
Materi Pokok : Masuknya Islam ke Nusantara
Alokasi Waktu
: 2 Pertemuan (6 JPL)
Tujuan Pembelajaran
1.
Pertemuan
pertama
Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran
dengan metode discovery learning peserta didik dapat:
a.
Menyebutkan alur-alur perjalanan
dakwah di Nusantara.
b.
Menunjukkan cara-cara dakwah di
Nusantara
2.
Pertemuan
Kedua
Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran
dengan metode discovery learning peserta didik dapat:
a.
Menjelaskan kerajaan-kerajaan Islam
di Nusantara
b.
Mengambil hikmah kehadiran Islam di
Nusantara
6.
Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
6.1. Alat
dan Bahan
6.1.1. Alat : papan tulis, spidol, infocus, laptop
6.1.2. Bahan : Buku PAI kelas IX
6.1.3. Pertanyaan
Dapatkah siswa
memahami masuknya Islam ke Nusantara?
6.2. Siswa
berlatih praktik /mengerjakan tugas halaman buku .....
6.3. Siswa
mempresentasikan hasil kerja kelompok/individu
Tentang Masuknya
Islam ke Nusantara.
6.4. Menyimpulkan
dan Penilaian Pembelajaran
6.4.1. Kesimpulan Pembelajaran
Para ahli sejarah mencatat bahwa Islam masuk ke
Indonesia melalui jalur perdagangan
6.4.2. Penilaian
1. Jelaskan
teori kapan dan siapa yang membawa Islam ke Nusantara!
2. Bagaimana
cara dakwah Islam di Nusantara?
Simpang Kelayang, 13 Juli. 2020
Mangetahui
Guru Mata Pelajaran
Kepala
Sekolah
Drs. NAJRI,M.Si ELIAH
AFRIDA,M.Pd.
RPP
Sesuai Surat Edaran Kemendikbud No 14 Tahun 2019
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
No.
7
Nama Satuan Pendidikan : SMP
Negeri 2 Kelayang.
Mata Pelajaran/Tema : Pendidikan
Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Semester : IV/Ganjil : IX (Sembilan)
/ II (Ganjil)
Materi Pokok : Optimis, Ikhtiar dan Tawakkal
Alokasi Waktu
: 3 Pertemuan (9 JPL)
Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran dengan
metode cooperative learning peserta didik diharapkan dapat:
- Terbiasa
membaca al-qur’an dengan meyakini bahwa optimis, ikhtiar, dan tawakal
adalah perintah agama
- Menunjukkan
perilaku optimis, ikhtiar, dan tawakal sebagai implementasi pemahaman q.s.
az-zumar/39: 53, q.s. an-najm/53: 39-42, q.s. ali imran/3: 159 dan hadis
terkait
- Memahami
Q.S. az-Zumar/39: 53, Q.S. an-Najm/53: 39-42, Q.S. Áli Imrān/3: 159 serta Hadits tentang tentang optimis,
ikhtiar, dan tawakal.
- Mengidentifikasi
lafal yang mengandung bacaan qalqalah di dalam mushaf al Qur’an.
- Menyebutkan
arti perkata Q.S. az-Zumar/39: 53, Q.S. an-Najm/53: 39-42, Q.S. Áli
Imrān/3: 159 menjadi terjemah secara utuh.
- Menghafalkan
Q.S. az-Zumar/39: 53, Q.S. an-Najm/53: 39-42, Q.S. Áli Imrān/3: 159.
- Merumuskan,
mengoreksi, dan memperbaiki hasil penterjemahan Q.S. az-Zumar/39: 53, Q.S.
an-Najm/53: 39-42, Q.S. Áli Imrān/3: 159.
- Membaca q.s.
az-zumar/39: 53, q.s. an-najm/53: 39-42, dan q.s. ali imran/3: 159 dengan
tartil
- Mendemonstrasikan
hafalan Q.S. az-Zumar/39: 53, Q.S. an-Najm/53: 39-42, Q.S. Áli Imrān/3:
159.
- Menyajikan
paparan hasil pencarian hukum bacaan qalqalah dalam Q.S. az-Zumar/39: 53,
Q.S. an-Najm/53: 39-42, Q.S. Áli Imrān/3: 159.
- Menunjukkan
/ memaparkan hasil diskusi makna Q.S. az-Zumar/39: 53, Q.S. an-Najm/53:
39-42, Q.S. Áli Imrān/3: 159.
7.
Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
7.1. Alat
dan Bahan
7.1.1. Alat : al-Qur’an, papan tulis, spidol, infocus,
laptop
7.1.2. Bahan : Buku PAI kelas IX
7.1.3. Pertanyaan
- Dapatkah
siswa memahami maknaQ.S. az-Zumar/39: 53, Q.S. an-Najm/53:
39-42, Q.S. Áli Imrān/3: 159 tentang optimis,
ikhtiar dan tawakkal?
7.2. Siswa
berlatih praktik /mengerjakan tugas halaman buku .....
7.3. Siswa
mempresentasikan hasil kerja kelompok/individu
- Tentang maknaQ.S. az-Zumar/39: 53, Q.S. an-Najm/53:
39-42, Q.S. Áli Imrān/3: 159 mengenai optimis, ikhtiar dan tawakakal.
7.4. Menyimpulkan
dan Penilaian Pembelajaran
7.4.1. Kesimpulan Pembelajaran
maknaQ.S.
az-Zumar/39: 53 tentang optimis, Q.S. an-Najm/53: 39-42 tentang ikhtiar, Q.S.
Áli Imrān/3: 159 tentang tawakkal.
7.4.2. Penilaian
1. Dalam
Q.S. az-Zumar/39:53, Allah Swt. Menyeru hamba-hamba-Nya yang melampaui batas agar….
2. Q.S.
Ali ‘Imran/3:159 berisi
perintah Allah Swt. untuk….
Simpang Kelayang, 13 Juli. 2020
Mangetahui
Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah
Drs.
NAJRI,M.Si
ELIAH AFRIDA,M.Pd.
Belum ada Komentar untuk "RPP satu lembar Kelas 9 smt Ganjil"
Posting Komentar