RPP satu lembar Kelas 9 smt Ganjil

RPP Sesuai Surat Edaran Kemendikbud No 14 Tahun 2019

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

No. .1

 

Nama Satuan Pendidikan      :  SMP Negeri 2 Kelayang.

Mata Pelajaran/Tema             :  Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti

Kelas/Semester : IV/Ganjil   :  IX (Sembilan) / II (Ganjil)

Materi Pokok                        :  Iman Kepada Hari akhir

Alokasi Waktu                     :  2 Pertemuan (6 JPL)

 

Tujuan Pembelajaran

Pertemuan pertama

Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran melalui Metode Discovery Learning peserta didik diharapkan mampu:

1.      Mendeskripsikan pengertian iman kepada hari akhir dengan benar

2.      Menunjukkan dalil iman kepada hari akhir dengan benar

3.      Mampu mempraktekkankan lafaz dalil-dalil tersebut dengan baik dan benar

4.      Menyebutkan macam-macam kiamat dengan benar

5.      Menjelaskan contoh kejadian kiamat sughra dengan benar

6.      Menjelaskan proses kejadian kiamat kubro dengan benar

Pertemuan kedua

Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran melalui Metode Project Based Learning dan Drill peserta didik diharapkan mampu:

1.      Menjelaskan kehidupan yang dialami manusia setelah hari kiamat dengan benar

2.      Menunjukkan perilaku beriman kepada hari akhir dalam kehidupan sehari-hari dengan benar

3.      Berperilaku mawas diri sebagai implementasi dari pemahaman iman kepada hari akhir dengan benar

1.   Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran

1.1.    Alat dan Bahan

1.1.1.     Alat    : papan tulis, spidol, infocus, laptop

1.1.2.     Bahan : Buku PAI kelas IX

1.1.3.     Pertanyaan

Dapatkah siswa memahami tentang hari kiamat?

1.2.    Siswa berlatih praktik /mengerjakan tugas halaman buku .....

1.3.    Siswa mempresentasikan hasil kerja kelompok/individu

Tentang hari kiamat.

1.4.    Menyimpulkan dan Penilaian Pembelajaran

1.4.1.     Kesimpulan Pembelajaran

Iman kepada hari akhir adalah meyakini bahwa seluruh alam termasuk dunia dan seisinya akan mengalami kehancuran.

1.4.2.     Penilaian

No.

Indikator

Butir Instrumen

1.

Menjelaskan pengertian hari kiamat

Jelaskan pengertian hari kiamat

2.

Menyebutkan dalil naqli tentang hari kiamat

Sebutkan dalil naqli yang menerangkan hari kiamat

3.

Menjelaskan macam-macam kiamat

Jelaskan macam-macam kiamat

4.

Menjelaskan contoh kejadian kamat sughro

Jelaskan contoh kejadian kiamat sughro

5.

Menyebutkan proses kejadian kiamat kubro

Sebutkan proses kejadian kiamat kubro berdasarkan surat al-zalzalah !

6.

Menjelaskan kehidupan yang dialami manusia setelah hari kiamat

Jelaskan kehidupan yang dialami manusia setelah hari kiamat

 

 

Simpang Kelayang, 13 Juli. 2020

Mangetahui                                                   Guru Mata Pelajaran

Kepala Sekolah

 

Drs. NAJRI,M.Si                                                ELIAH AFRIDA,M.Pd.

 

 

 

RPP Sesuai Surat Edaran Kemendikbud No 14 Tahun 2019

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

No. 2

 

Nama Satuan Pendidikan      :  SMP Negeri 2 Kelayang.

Mata Pelajaran/Tema             :  Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti

Kelas/Semester : IV/Ganjil   :  IX (Sembilan) / II (Ganjil)

Materi Pokok                        :  Jujur dan Amanah

Alokasi Waktu                     :  2 Pertemuan (6 JPL)

 

Tujuan Pembelajaran

Pertemuan pertama

Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran peserta didik dapat:

1.        Mendefiniskan pengertian kata jujur dan menepati janji

2.        Menelaah dalil naqli tentang jujur dan menepati janji

3.        Menyebutkan jenis jujur dan menepati janji

4.        Mengidentifikasi mamfaat perilaku  jujur dan menepati janji

Pertemuan kedua

Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran peserta didik dapat:

1.      Menunjukkan cara berperilaku jujur dan menepati janji dalam kehidupan sehari-hari

2.      Menunjukkan contoh penerapan berperilaku jujur dan menepati janji dalam kehidupan sehari-hari

2.   Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran

2.1.    Alat dan Bahan

2.1.1.     Alat    : papan tulis, spidol, infocus, laptop

2.1.2.     Bahan : Buku PAI kelas IX

2.1.3.     Pertanyaan

Dapatkah siswa memahami jujur dan menepati janji?

2.2.    Siswa berlatih praktik /mengerjakan tugas halaman buku .....

2.3.    Siswa mempresentasikan hasil kerja kelompok/individu

Tentang jujur dan menepati janji.

2.4.    Menyimpulkan dan Penilaian Pembelajaran

2.4.1.     Kesimpulan Pembelajaran

  Jujur merupakan suatu perilaku yang sesuai dengan hati nurani, wajar dan tidak menyalahi aturan.

2.4.2.     Penilaian

1.      Jujur artinya adalah…

2.      Menurut Q.S. Ali ‘Imrān/3 ayat 77 bahwa orang-orang yang melanggar janji dan sumpah kepada Allah Swt. akan mendapat ....

 

Simpang Kelayang, 13 Juli. 2020

Mangetahui                                                           Guru Mata Pelajaran

Kepala Sekolah

 

Drs. NAJRI,M.Si                                                      ELIAH AFRIDA,M.Pd.

 

 

RPP Sesuai Surat Edaran Kemendikbud No 14 Tahun 2019

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

No. 3

 

Nama Satuan Pendidikan      :  SMP Negeri 2 Kelayang.

Mata Pelajaran/Tema             :  Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti

Kelas/Semester : IV/Ganjil   :  IX (Sembilan) / II (Ganjil)

Materi Pokok                        :  Hormat pada Orang tua dan guru

Alokasi Waktu                     :  2 Pertemuan (6 JPL)

 

Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran melalui Metode Discovery Learning peserta didik diharapkan mampu:

1.    mendeskripkripsikan pengertian menghormati kepada orang tua dan   guru dengan benar

2.    menunjukkan dalil menghormati kepada orang tua dan guru dengan benar

3.    menunjukkan contoh perilaku menghormati kepada orang tua dan guru dalam kehidupan sehari-hari dengan benar

4.    menunjukkan contoh perilaku taat kepada orang tua dan guru dalam kehidupan sehari-hari dengan benar.

5.    mendeskripsikan pengertian taat kepada orang tua dan guru dengan benar.

6.    menunjukkan dalil taat kepada orang tua dan guru dengan benar.

7.    berperilaku menghormati kepada orang tua dan guru dengan benar.

8.    berperilaku taat kepada orang tua dan guru dengan benar.

 

3.   Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran

3.1.    Alat dan Bahan

3.1.1.     Alat    : papan tulis, spidol, infocus, laptop

3.1.2.     Bahan : Buku PAI kelas IX

3.1.3.     Pertanyaan

Dapatkah siswa memahami hormat pada orang tua dan guru?

3.2.    Siswa berlatih praktik /mengerjakan tugas halaman buku .....

3.3.    Siswa mempresentasikan hasil kerja kelompok/individu

Tentang hormat pada orang tua dan guru.

3.4.    Menyimpulkan dan Penilaian Pembelajaran

3.4.1.     Kesimpulan Pembelajaran

Berbakti pada orang tua merupakan kewajiban seorang anak sebagaimana terdapat dalam Q.S. al-Isra ayat 23 dan Luqman ayat 14.

3.4.2.     Penilaian

1.      Jelaskan cara menaati orang tua adan guru!

 

                                                Simpang Kelayang, 13 Juli. 2020

Mangetahui                                                              Guru Mata Pelajaran

Kepala Sekolah

 

Drs. NAJRI,M.Si                                                         ELIAH AFRIDA,M.Pd.

 

 

 

RPP Sesuai Surat Edaran Kemendikbud No 14 Tahun 2019

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

No. 4

 

Nama Satuan Pendidikan      :  SMP Negeri 2 Kelayang.

Mata Pelajaran/Tema             :  Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti

Kelas/Semester : IV/Ganjil   :  IX (Sembilan) / II (Ganjil)

Materi Pokok                        :  Zakat

Alokasi Waktu                     :  2 Pertemuan (6 JPL)

 

Tujuan Pembelajaran

Setelah  mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran dengan metode discovery learning peserta didik dapat:

1.      Menjelaskan pengertian zakat fitrah

2.      Menunjukkan ayat al-Qur’an dan Hadits tentang zakat fitrah

3.      Menyebutkan hukum zakat fitrah

4.      Menjelaskan syarat dan rukun zakat fitrah

5.      Kadar dan waktu zakat fitrah

6.      Menjelaskan tata cara mengeluarkan zakat fitrah

Pertemuan Kedua

Setelah  mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran dengan metode discovery learning peserta didik dapat:

1.      Menjelaskan pengertian zakat mal

2.      Menunujkkan ayat al-Qur’an dan Hadits tentang zakat mal

3.      Menyebutkan hukum zakat mal

4.      Menjelaskan syarat muzakki

5.      Menyebutkan mustahik berdasarkan Q.S. at-Taubah/9:60

6.      Menjelaskan jenis-jenis harta yang wajib dizakati

7.      Menyebutkan nisab zakat mal sesuai jenisnya

8.      Menyebutkan hikmah zakat

Pertemuan Ketiga

Setelah  mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran dengan metode problem based learning peserta didik dapat:

1.      Memperagakan pembayaran zakat fitrah kepada teman

2.      Membedakan zakat fitrah dan zakat mal

4.   Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran

4.1.    Alat dan Bahan

4.1.1.     Alat    : papan tulis, spidol, infocus, laptop

4.1.2.     Bahan : Buku PAI kelas IX

4.1.3.     Pertanyaan

Dapatkah siswa memahami ketentuan dan tata cara zakat?

4.2.    Siswa berlatih praktik /mengerjakan tugas halaman buku .....

4.3.    Siswa mempresentasikan hasil kerja kelompok/individu

Tentang ketentuan dan tatacara zakat.

4.4.    Menyimpulkan dan Penilaian Pembelajaran

4.4.1.     Kesimpulan Pembelajaran

  Zakat dibagi dua macam, yaitu zakat fitrah dan zakat mal. Zakat fitrah adalah zakat kesucian.

4.4.2.     Penilaian

1.      Zakat merupakan salah satu kewajiban bagi umat Islam. Arti dari zakat adalah ....

2.      Salah satu jenis zakat adalah zakat mal. Yang dimaksud dengan zakat mal yaitu ....

Simpang Kelayang, 13 Juli. 2020

Mangetahui                                                       Guru Mata Pelajaran

Kepala Sekolah

 

Drs. NAJRI,M.Si                                                  ELIAH AFRIDA,M.Pd.

 

 

RPP Sesuai Surat Edaran Kemendikbud No 14 Tahun 2019

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

No. 5

 

Nama Satuan Pendidikan      :  SMP Negeri 2 Kelayang.

Mata Pelajaran/Tema             :  Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti

Kelas/Semester : IV/Ganjil   :  IX (Sembilan) / II (Ganjil)

Materi Pokok                        :  Haji dan Umrah

Alokasi Waktu                     :  2 Pertemuan (6 JPL)

 

Tujuan Pembelajaran

a.    Pertemuan Pertama

Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran melalui Metode Discovery Learning peserta didik diharapkan mampu:

1.    Meyakini bahwa ibadah haji dan umrah adalah perintah allah swt.

2.    Menunjukkan perilaku menjaga solidaritas umat islam dalam kehidupan sehari-hari

3.    Memahami penjelasan mengenai hukum, ketentuan, dan tata cara ibadah haji

 

b. Pertemuan 2

4.    Memahami penjelasan mengenai hukum, ketentuan, dan tata cara ibadah umrah

5.    Menjelaskan dengan diagram alur pelaksanaan manasik ibadah haji dan umrah.

6.    Menjelaskan hikmah ibadah haji dan umrah dalam kehidupan.

7.    Membuat analisis diagram alur pelaksanaan haji ifrad, qiran, dan tamattuk.

8.    Merumuskan hikmah dan manfaat pelaksanaan haji dan umrah.

9.    Menyajikan paparan diagram alur pelaksanaan manasik ibadah haji dan umrah.

10.     Mendemonstrasikan manasik haji

 

5.   Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran

5.1.    Alat dan Bahan

5.1.1.     Alat    : papan tulis, spidol, infocus, laptop

5.1.2.     Bahan : Buku PAI kelas IX

5.1.3.     Pertanyaan

Dapatkah siswa memahami haji dan umrah?

5.2.    Siswa berlatih praktik /mengerjakan tugas halaman buku .....

5.3.    Siswa mempresentasikan hasil kerja kelompok/individu

Tentang haji dan umrah.

5.4.    Menyimpulkan dan Penilaian Pembelajaran

5.4.1.     Kesimpulan Pembelajaran

Haji dan umrah merupakan kewajiban manusia yang mampu.

5.4.2.     Penilaian

1.      Orang yang diwajibkan untuk            melaksanakan haji adalah orang yang  ....

2.      Serangkaian kegiatan yang harus dilaksanakan oleh para jamaah haji dan jika tidak dilaksanakan menyebabkan hajinya tidak sah adalah ....

 

Simpang Kelayang, 13 Juli. 2020

Mangetahui                                                           Guru Mata Pelajaran

Kepala Sekolah

 

Drs. NAJRI,M.Si                                                      ELIAH AFRIDA,M.Pd.

 

 

RPP Sesuai Surat Edaran Kemendikbud No 14 Tahun 2019

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

No. 6

 

Nama Satuan Pendidikan      :  SMP Negeri 2 Kelayang.

Mata Pelajaran/Tema             :  Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti

Kelas/Semester : IV/Ganjil   :  IX (Sembilan) / II (Ganjil)

Materi Pokok                        :  Masuknya Islam ke Nusantara

Alokasi Waktu                     :  2 Pertemuan (6 JPL)

 

Tujuan Pembelajaran

1.      Pertemuan pertama

Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran dengan metode discovery learning peserta didik dapat:

a.         Menyebutkan alur-alur perjalanan dakwah di Nusantara.

b.        Menunjukkan cara-cara dakwah di Nusantara

 

2.      Pertemuan Kedua

Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran dengan metode discovery learning peserta didik dapat:

a.         Menjelaskan kerajaan-kerajaan Islam di Nusantara

b.        Mengambil hikmah kehadiran Islam di Nusantara

 

6.   Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran

6.1.    Alat dan Bahan

6.1.1.     Alat    : papan tulis, spidol, infocus, laptop

6.1.2.     Bahan : Buku PAI kelas IX

6.1.3.     Pertanyaan

Dapatkah siswa memahami masuknya Islam ke Nusantara?

6.2.    Siswa berlatih praktik /mengerjakan tugas halaman buku .....

6.3.    Siswa mempresentasikan hasil kerja kelompok/individu

Tentang Masuknya Islam ke Nusantara.

6.4.    Menyimpulkan dan Penilaian Pembelajaran

6.4.1.     Kesimpulan Pembelajaran

Para ahli sejarah mencatat bahwa Islam masuk ke Indonesia melalui jalur perdagangan

6.4.2.     Penilaian

1.      Jelaskan teori kapan dan siapa yang membawa Islam ke Nusantara!

2.      Bagaimana cara dakwah Islam di Nusantara?

 

Simpang Kelayang, 13 Juli. 2020

Mangetahui                                                Guru Mata Pelajaran

Kepala Sekolah

 

Drs. NAJRI,M.Si                                               ELIAH AFRIDA,M.Pd.

 

 

RPP Sesuai Surat Edaran Kemendikbud No 14 Tahun 2019

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

No. 7

 

Nama Satuan Pendidikan      :  SMP Negeri 2 Kelayang.

Mata Pelajaran/Tema             :  Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti

Kelas/Semester : IV/Ganjil   :  IX (Sembilan) / II (Ganjil)

Materi Pokok                        :  Optimis, Ikhtiar dan Tawakkal

Alokasi Waktu                     :  3 Pertemuan (9 JPL)

 

Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti proses pembelajaran dengan metode cooperative learning peserta didik diharapkan dapat:

  • Terbiasa membaca al-qur’an dengan meyakini bahwa optimis, ikhtiar, dan tawakal adalah perintah agama
  • Menunjukkan perilaku optimis, ikhtiar, dan tawakal sebagai implementasi pemahaman q.s. az-zumar/39: 53, q.s. an-najm/53: 39-42, q.s. ali imran/3: 159 dan hadis terkait
  • Memahami Q.S. az-Zumar/39: 53, Q.S. an-Najm/53: 39-42, Q.S. Áli Imrān/3: 159  serta Hadits tentang tentang optimis, ikhtiar, dan tawakal.
  • Mengidentifikasi lafal yang mengandung bacaan qalqalah di dalam mushaf al Qur’an.
  • Menyebutkan arti perkata Q.S. az-Zumar/39: 53, Q.S. an-Najm/53: 39-42, Q.S. Áli Imrān/3: 159 menjadi terjemah secara utuh.
  • Menghafalkan Q.S. az-Zumar/39: 53, Q.S. an-Najm/53: 39-42, Q.S. Áli Imrān/3: 159.
  • Merumuskan, mengoreksi, dan memperbaiki hasil penterjemahan Q.S. az-Zumar/39: 53, Q.S. an-Najm/53: 39-42, Q.S. Áli Imrān/3: 159.
  • Membaca q.s. az-zumar/39: 53, q.s. an-najm/53: 39-42, dan q.s. ali imran/3: 159 dengan tartil
  • Mendemonstrasikan hafalan Q.S. az-Zumar/39: 53, Q.S. an-Najm/53: 39-42, Q.S. Áli Imrān/3: 159.
  • Menyajikan paparan hasil pencarian hukum bacaan qalqalah dalam Q.S. az-Zumar/39: 53, Q.S. an-Najm/53: 39-42, Q.S. Áli Imrān/3: 159.
  • Menunjukkan / memaparkan hasil diskusi makna Q.S. az-Zumar/39: 53, Q.S. an-Najm/53: 39-42, Q.S. Áli Imrān/3: 159.

 

7.   Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran

7.1.    Alat dan Bahan

7.1.1.     Alat    : al-Qur’an, papan tulis, spidol, infocus, laptop

7.1.2.     Bahan : Buku PAI kelas IX

7.1.3.     Pertanyaan

  • Dapatkah siswa memahami maknaQ.S. az-Zumar/39: 53, Q.S. an-Najm/53: 39-42, Q.S. Áli Imrān/3: 159 tentang  optimis, ikhtiar dan tawakkal?

7.2.    Siswa berlatih praktik /mengerjakan tugas halaman buku .....

7.3.    Siswa mempresentasikan hasil kerja kelompok/individu

  • Tentang  maknaQ.S. az-Zumar/39: 53, Q.S. an-Najm/53: 39-42, Q.S. Áli Imrān/3: 159 mengenai optimis, ikhtiar dan tawakakal.

7.4.    Menyimpulkan dan Penilaian Pembelajaran

7.4.1.     Kesimpulan Pembelajaran

maknaQ.S. az-Zumar/39: 53 tentang optimis, Q.S. an-Najm/53: 39-42 tentang ikhtiar, Q.S. Áli Imrān/3: 159 tentang tawakkal.

7.4.2.     Penilaian

1.      Dalam Q.S. az-Zumar/39:53, Allah Swt. Menyeru hamba-hamba-Nya  yang melampaui batas          agar….

2.      Q.S. Ali ‘Imran/3:159            berisi perintah Allah  Swt.  untuk….   

 

Simpang Kelayang, 13 Juli. 2020

Mangetahui                                                   Guru Mata Pelajaran

Kepala Sekolah

 

Drs. NAJRI,M.Si                                                ELIAH AFRIDA,M.Pd.

 

 

 

 


Belum ada Komentar untuk "RPP satu lembar Kelas 9 smt Ganjil"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel