SILABUS PAI KLS 9 SMT GANJIL K 13
SILABUS
Nama
Sekolah : SMP N 2 Kelayang
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas
/ Semester : IX / I (Ganjil)
Kompetensi Inti : 1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.
Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleran, gotong royong),
santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial
dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.
Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata
4.
Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
Kompetensi Dasar (KD) |
Materi Pembelajaran |
Kegiatan Pembelajaran |
Teknik Penilaian |
Alokasi
Waktu |
Sumber Belajar |
1.3. Beriman kepada hari
akhir |
Iman Kepada Hari Akhir |
Melakukan pengamatan sikap selama dalam proses
pembelajaran : 1. mawas
diri 2. Selalu melakukan
perbuatan baik 3. menjauhi
perbuatan buruk |
Tekhnik: Observasi dan
Penilaian Diri Bentuk : JURNAL dan Lembar
Penilaian diri |
6 JP |
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016. Buku
Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas IX. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan |
2.3. Menunjukkan perilaku
mawas diri sebagai implementasi pemahaman iman kepada hari akhir |
Melakukan pengamatan sikap selama dalam proses
pembelajaran : 1. mawas
diri 2. Selalu melakukan
perbuatan baik 3. menjauhi
perbuatan buruk |
Tekhnik: Observasi dan
Penilaian Diri Bentuk : JURNAL dan
Lembar Penilaian diri |
|||
3.3. Memahami makna iman
kepada hari akhir berdasarkan pengamatan terhadap dirinya, alam sekitar, dan
makhluk ciptaan-Nya |
1. Melalui Pendekatan Scientific
Siswa secara berkelompok berdiskusi tentang
makna
Iman kepada
hari akhir |
Tekhnik:
Tes
Tulis Bentuk
: Soal Objektif dan Essay |
|||
4.3. Menyajikan dalil
naqli yang menjelaskan gambaran kejadian hari akhir |
Membuat karya berbentuk : kaligrafi |
Tekhnik: Tes Tulis Bentuk : Produk |
|
||
1.5. Meyakini bahwa jujur
dan menepati janji adalah ajaran pokok agama |
Jujur,
dan Menepati Janji |
Melakukan pengamatan sikap selama dalam proses
pembelajaran : 1. jujur 2. menepati
janji |
Tekhnik: Observasi dan
Penilaian Diri Bentuk : JURNAL dan
Lembar Penilaian diri |
6 JP |
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016. Buku
Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas IX. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan |
2.5. Menunjukkan perilaku
jujur dan menepati janji dalam kehidupan sehari-hari |
Melakukan pengamatan sikap selama dalam proses
pembelajaran : 1. jujur 2. menepati
janji |
Tekhnik: Observasi dan
Penilaian Diri Bentuk : JURNAL dan
Lembar Penilaian diri |
|||
3.5. Memahami penerapan
jujur dan menepati janji dalam kehidupan sehari-hari |
1. Melalui Pendekatan Scientific Siswa secara berkelompok
berdiskusi tentang makna perilaku
jujur, dan menepati janji. 2.Siswa menulis hasil diskusi di kertas plano tentang makna
perilaku jujur, dan menepati janji. |
Tekhnik:
Tes
Tulis Bentuk
: Soal Objektif dan Essay |
|||
4.5. Menyajikan penerapan
perilaku jujur dan menepati janji dalam kehidupan sehari-hari |
Membuat karya berupa; drama |
Tekhnik: Tes Tulis Bentuk : Produk |
|||
1.6. Meyakini bahwa berbakti dan taat kepada
orang tua dan guru adalah perintah agama |
Berbakti
danTaat pada Orang Tua dan Guru |
Melakukan pengamatan sikap selama dalam proses pembelajaran : 1. taat pada
orang tua 2. taat pada
guru |
Tekhnik: Observasi dan
Penilaian Diri Bentuk : JURNAL dan
Lembar Penilaian diri |
6 JP |
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016. Buku
Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas IX. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan |
2.6. Menunjukkan perilaku hormat dan taat kepada
orang tua dan guru dalam kehidupan sehari-hari |
Melakukan pengamatan sikap selama dalam proses pembelajaran : 1. taat pada
orang tua 2. taat pada
guru |
Tekhnik: Observasi dan
Penilaian Diri Bentuk : JURNAL dan
Lembar Penilaian diri |
|||
3.6. Memahami cara berbakti dan taat kepada
orang tua dan guru |
1. Melalui Pendekatan Scientific Siswa secara berkelompok
berdiskusi tentang berbakti
dan taat pada orang tua dan guru 2.Siswa menulis hasil diskusi di kertas plano tentang berbakti
dan taat pada orang tua dan guru |
Tekhnik:
Tes
Tulis Bentuk
: Soal Objektif dan Essay |
|||
4.6. Menyajikan cara
berbakti dan taat kepada orang tua dan guru |
1.Secara
berkelompok Menyajikan cerita
tentang berbakti
dan taat pada orang tua dan guru. |
Tekhnik: Tes Tulis Bentuk : Produk |
|||
1.8. Melaksanakan zakat sesuai dengan ketentuan
syari’at islam |
Zakat |
Melakukan pengamatan sikap selama dalam proses pembelajaran : 1. taat
beragama 2. peduli
dengan sesama |
Tekhnik: Observasi dan
Penilaian Diri Bentuk : JURNAL dan
Lembar Penilaian diri |
6 JP |
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016. Buku
Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas IX. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan |
2.8. Menunjukkan perilaku taat dan peduli
sebagai hikmah dari ketentuan zakat |
Melakukan pengamatan sikap selama dalam proses pembelajaran : 1. taat
beragama 2. peduli
dengan sesama |
Tekhnik: Observasi dan
Penilaian Diri Bentuk : JURNAL dan
Lembar Penilaian diri |
|||
3.8. Memahami ketentuan zakat |
1. Melalui Pendekatan Scientific Siswa secara berkelompok
berdiskusi tentang ketentuan
zakat |
Tekhnik:
Tes
Tulis Bentuk
: Soal Objektif dan Essay |
|||
4.8. Mempraktikkan
ketentuan zakat |
1.siswa Mendemonstrasikan cara membayar zakat |
Tekhnik: Tes Tulis Bentuk : Produk |
|||
1.9. Meyakini bahwa ibadah haji dan umrah adalah
perintah allah swt. |
Haji dan
Umrah |
Melakukan pengamatan sikap selama dalam proses pembelajaran : 1. taat pada
Allah 2. solidaritas
pada sesame muslim |
Tekhnik: Observasi dan
Penilaian Diri Bentuk : JURNAL dan
Lembar Penilaian diri |
9 JP |
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016. Buku
Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas IX. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan |
2.9. Menunjukkan perilaku menjaga solidaritas
umat islam dalam kehidupan sehari-hari |
Melakukan pengamatan sikap selama dalam proses pembelajaran : 1. taat pada
Allah 2. solidaritas
pada sesame muslim |
Tekhnik: Observasi dan
Penilaian Diri Bentuk : JURNAL dan
Lembar Penilaian diri |
|||
3.9. Memahami ketentuan ibadah haji dan umrah |
1. Melalui Pendekatan Scientific Siswa secara berkelompok haji dan
umrah |
Tekhnik:
Tes
Tulis Bentuk
: Soal Objektif dan Essay |
|||
4.9. Mempraktikkan
manasik haji |
Membuat karya berbentuk : paparan |
Tekhnik: Tes Tulis Bentuk : Produk |
|||
1.12.
Meyakini bahwa berkembangnya islam di nusantara sebagai bukti islam
rahmatan lil-al-‘alamin |
Masuknya
Islam ke Nusantara |
Melakukan pengamatan sikap selama dalam proses pembelajaran : 1. cinta
tanah air |
Tekhnik: Observasi dan
Penilaian Diri Bentuk : JURNAL dan
Lembar Penilaian diri |
6 JP |
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016. Buku
Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas IX. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan |
2.12.
Menunjukkan perilaku cinta tanah air sebagai implementasi mempelajari
sejarah perkembangan islam di nusantara |
Melakukan pengamatan sikap selama dalam proses pembelajaran : 1. cinta
tanah air |
Tekhnik: Observasi dan
Penilaian Diri Bentuk : JURNAL dan
Lembar Penilaian diri |
|||
3.12.
Memahami sejarah perkembangan islam di nusantara |
1. Melalui Pendekatan Scientific Siswa secara berkelompok bermain
cerdas cermat tentang materi masuknya Islam di Nusantara |
Tekhnik:
Tes
Tulis Bentuk
: Soal Objektif dan Essay |
|
||
4.12.
Menyajikan rangkaian sejarah perkembangan islam di nusantara |
Secara berkelompok membuat bagan perkembangan Islam
di Nusantara |
Tekhnik: Tes Tulis Bentuk : Produk |
|||
1.1.
Terbiasa membaca al-qur’an dengan meyakini bahwa optimis, ikhtiar, dan
tawakal adalah perintah agama |
optimis, ikhtiar, dan tawakal
sebagai implementasi pemahaman q.s. az-zumar/39: 53, q.s. an-najm/53: 39-42,
q.s. ali imran/3: 159 dan hadis terkait |
Melakukan pengamatan sikap selama dalam proses pembelajaran : 1. optimis 2. ikhtiyar 3. tawakkal |
Tekhnik: Observasi dan
Penilaian Diri Bentuk : JURNAL dan
Lembar Penilaian diri |
9 JP |
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016. Buku
Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas IX. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan |
2.1.
Menunjukkan perilaku optimis, ikhtiar, dan tawakal sebagai
implementasi pemahaman q.s. az-zumar/39: 53, q.s. an-najm/53: 39-42, q.s. ali
imran/3: 159 dan hadis terkait |
Melakukan pengamatan sikap selama dalam proses pembelajaran : 1. optimis 2. ikhtiyar 3. tawakkal |
Tekhnik: Observasi dan
Penilaian Diri Bentuk : JURNAL dan
Lembar Penilaian diri |
|||
3.1.
Memahami q.s. az-zumar/39: 53, q.s. an-najm/53: 39-42, q.s. ali
imrān/3: 159 tentang optimis, ikhtiar, dan tawakal serta hadis terkait |
1. Melalui Pendekatan Scientific Siswa secara berkelompok bermain
cerdas cermat tentang optimis, ikhtiyar dan tawakkal |
Tekhnik:
Tes
Tulis Bentuk
: Soal Objektif dan Essay |
|||
"4.1.1. Membaca q.s. az-zumar/39: 53, q.s.
an-najm/53: 39-42, dan q.s. ali imran/3: 159 dengan tartil 4.1.2. Menunjukkan hafalan q.s. az-zumar/39: 53,
q.s. an-najm/53: 39-42, q.s. ali imran/3: 159 serta hadis terkait dengan
lancar 4.1.3. Menyajikan keterkaitan optimis, ikhtiar,
dan tawakal dengan pesan q.s. az-zumar/39: 53, q.s. an-najm/53: 39-42, dan
q.s. ali imran/3: 159 |
Siswa membaca Siswa menghapal Membuat paparan |
Tekhnik: Tes Tulis Bentuk : Produk |
|
Mengetahui Simpang Kelayang, Juli 2020
Kepala Sekolah Guru
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Drs, NAJRI ELIAH AFRIDA,M.Pd
Belum ada Komentar untuk "SILABUS PAI KLS 9 SMT GANJIL K 13"
Posting Komentar