SILABUS PAI KLS 9 SMT GANJIL K 13

SILABUS

Nama Sekolah             :    SMP N 2 Kelayang

Mata Pelajaran             :    Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti

Kelas / Semester          :    IX / I (Ganjil)

Kompetensi Inti           :               1.   Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya

2.    Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleran, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.

3.    Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata

4.    Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

Kompetensi Dasar (KD)

Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Teknik Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Belajar

1.3.  Beriman kepada hari akhir

Iman Kepada Hari Akhir

Melakukan pengamatan sikap selama dalam proses pembelajaran :

1.    mawas diri

2.    Selalu melakukan perbuatan baik

3.    menjauhi perbuatan buruk

Tekhnik: Observasi dan Penilaian Diri

 

Bentuk : JURNAL dan Lembar Penilaian diri

6 JP

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016. Buku Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas IX. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

2.3.  Menunjukkan perilaku mawas diri sebagai implementasi pemahaman iman kepada hari akhir

Melakukan pengamatan sikap selama dalam proses pembelajaran :

1.    mawas diri

2.    Selalu melakukan perbuatan baik

3.    menjauhi perbuatan buruk

Tekhnik: Observasi dan Penilaian Diri

 

Bentuk : JURNAL dan Lembar Penilaian diri

3.3.  Memahami makna iman kepada hari akhir berdasarkan pengamatan terhadap dirinya, alam sekitar, dan makhluk ciptaan-Nya

1. Melalui Pendekatan Scientific Siswa secara berkelompok berdiskusi tentang  makna Iman kepada hari akhir

Tekhnik:

Tes Tulis

Bentuk : Soal Objektif dan Essay

4.3.  Menyajikan dalil naqli yang menjelaskan gambaran kejadian hari akhir

Membuat karya berbentuk :

kaligrafi

Tekhnik:

Tes Tulis

 

Bentuk : Produk

 

1.5.  Meyakini bahwa jujur dan menepati janji adalah ajaran pokok agama

Jujur, dan Menepati Janji

Melakukan pengamatan sikap selama dalam proses pembelajaran :

1.   jujur

2.   menepati janji

Tekhnik: Observasi dan Penilaian Diri

 

Bentuk : JURNAL dan Lembar Penilaian diri

6 JP

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016. Buku Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas IX. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

2.5.  Menunjukkan perilaku jujur dan menepati janji dalam kehidupan sehari-hari

Melakukan pengamatan sikap selama dalam proses pembelajaran :

1.   jujur

2.   menepati janji

Tekhnik: Observasi dan Penilaian Diri

 

Bentuk : JURNAL dan Lembar Penilaian diri

3.5.  Memahami penerapan jujur dan menepati janji dalam kehidupan sehari-hari

1. Melalui Pendekatan Scientific Siswa secara berkelompok berdiskusi tentang  makna perilaku jujur, dan menepati janji.

2.Siswa menulis hasil diskusi di kertas plano tentang makna perilaku jujur, dan menepati janji.

Tekhnik:

Tes Tulis

Bentuk : Soal Objektif dan Essay

4.5.  Menyajikan penerapan perilaku jujur dan menepati janji dalam kehidupan sehari-hari

Membuat karya berupa; drama

Tekhnik:

Tes Tulis

 

Bentuk : Produk

1.6.  Meyakini bahwa berbakti dan taat kepada orang tua dan guru adalah perintah agama

Berbakti danTaat pada Orang Tua dan Guru

Melakukan pengamatan sikap selama dalam proses pembelajaran :

1.   taat pada orang tua

2.   taat pada guru

 

Tekhnik: Observasi dan Penilaian Diri

 

Bentuk : JURNAL dan Lembar Penilaian diri

6 JP

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016. Buku Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas IX. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

2.6.  Menunjukkan perilaku hormat dan taat kepada orang tua dan guru dalam kehidupan sehari-hari

Melakukan pengamatan sikap selama dalam proses pembelajaran :

1.   taat pada orang tua

2.   taat pada guru

 

Tekhnik: Observasi dan Penilaian Diri

 

Bentuk : JURNAL dan Lembar Penilaian diri

3.6.  Memahami cara berbakti dan taat kepada orang tua dan guru

1. Melalui Pendekatan Scientific Siswa secara berkelompok berdiskusi tentang  berbakti dan taat pada orang tua dan guru

2.Siswa menulis hasil diskusi di kertas plano tentang berbakti dan taat pada orang tua dan guru

Tekhnik:

Tes Tulis

Bentuk : Soal Objektif dan Essay

4.6.  Menyajikan cara berbakti dan taat kepada orang tua dan guru

 

1.Secara berkelompok Menyajikan cerita tentang berbakti dan taat pada orang tua dan guru.

Tekhnik:

Tes Tulis

 

Bentuk : Produk

1.8.  Melaksanakan zakat sesuai dengan ketentuan syari’at islam

Zakat

Melakukan pengamatan sikap selama dalam proses pembelajaran :

1.    taat beragama

2.    peduli dengan sesama

 

Tekhnik: Observasi dan Penilaian Diri

 

Bentuk : JURNAL dan Lembar Penilaian diri

6 JP

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016. Buku Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas IX. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

2.8.  Menunjukkan perilaku taat dan peduli sebagai hikmah dari ketentuan zakat

Melakukan pengamatan sikap selama dalam proses pembelajaran :

1.    taat beragama

2.    peduli dengan sesama

 

Tekhnik: Observasi dan Penilaian Diri

 

Bentuk : JURNAL dan Lembar Penilaian diri

3.8.  Memahami ketentuan zakat

1. Melalui Pendekatan Scientific Siswa secara berkelompok berdiskusi tentang  ketentuan zakat

 

Tekhnik:

Tes Tulis

Bentuk : Soal Objektif dan Essay

4.8.  Mempraktikkan ketentuan zakat

 

1.siswa Mendemonstrasikan cara membayar zakat

 

Tekhnik:

Tes Tulis

 

Bentuk : Produk

1.9.  Meyakini bahwa ibadah haji dan umrah adalah perintah allah swt.

 

Haji dan Umrah

Melakukan pengamatan sikap selama dalam proses pembelajaran :

1.    taat pada Allah

2.    solidaritas pada sesame muslim

 

Tekhnik: Observasi dan Penilaian Diri

 

Bentuk : JURNAL dan Lembar Penilaian diri

9 JP

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016. Buku Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas IX. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

2.9.  Menunjukkan perilaku menjaga solidaritas umat islam dalam kehidupan sehari-hari

Melakukan pengamatan sikap selama dalam proses pembelajaran :

1.    taat pada Allah

2.    solidaritas pada sesame muslim

 

Tekhnik: Observasi dan Penilaian Diri

 

Bentuk : JURNAL dan Lembar Penilaian diri

3.9.  Memahami ketentuan ibadah haji dan umrah

1. Melalui Pendekatan Scientific Siswa secara berkelompok haji dan umrah

 

Tekhnik:

Tes Tulis

Bentuk : Soal Objektif dan Essay

4.9.  Mempraktikkan manasik haji

 

Membuat karya berbentuk :

paparan

Tekhnik:

Tes Tulis

 

Bentuk : Produk

1.12.  Meyakini bahwa berkembangnya islam di nusantara sebagai bukti islam rahmatan lil-al-‘alamin

Masuknya Islam ke Nusantara

Melakukan pengamatan sikap selama dalam proses pembelajaran :

1.    cinta tanah air

 

Tekhnik: Observasi dan Penilaian Diri

 

Bentuk : JURNAL dan Lembar Penilaian diri

6 JP

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016. Buku Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas IX. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

2.12.  Menunjukkan perilaku cinta tanah air sebagai implementasi mempelajari sejarah perkembangan islam di nusantara

Melakukan pengamatan sikap selama dalam proses pembelajaran :

1.    cinta tanah air

 

Tekhnik: Observasi dan Penilaian Diri

 

Bentuk : JURNAL dan Lembar Penilaian diri

3.12.  Memahami sejarah perkembangan islam di nusantara

1. Melalui Pendekatan Scientific Siswa secara berkelompok bermain cerdas cermat tentang materi masuknya Islam di Nusantara

 

Tekhnik:

Tes Tulis

Bentuk : Soal Objektif dan Essay

 

4.12.  Menyajikan rangkaian sejarah perkembangan islam di nusantara

 

 

Secara berkelompok membuat bagan perkembangan Islam di Nusantara

 

Tekhnik:

Tes Tulis

 

Bentuk : Produk

1.1.  Terbiasa membaca al-qur’an dengan meyakini bahwa optimis, ikhtiar, dan tawakal adalah perintah agama

optimis, ikhtiar, dan tawakal sebagai implementasi pemahaman q.s. az-zumar/39: 53, q.s. an-najm/53: 39-42, q.s. ali imran/3: 159 dan hadis terkait

Melakukan pengamatan sikap selama dalam proses pembelajaran :

1.    optimis

2.    ikhtiyar

3.    tawakkal

Tekhnik: Observasi dan Penilaian Diri

 

Bentuk : JURNAL dan Lembar Penilaian diri

9 JP

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016. Buku Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas IX. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

2.1.  Menunjukkan perilaku optimis, ikhtiar, dan tawakal sebagai implementasi pemahaman q.s. az-zumar/39: 53, q.s. an-najm/53: 39-42, q.s. ali imran/3: 159 dan hadis terkait

Melakukan pengamatan sikap selama dalam proses pembelajaran :

1.    optimis

2.    ikhtiyar

3.    tawakkal

 

Tekhnik: Observasi dan Penilaian Diri

 

Bentuk : JURNAL dan Lembar Penilaian diri

3.1.  Memahami q.s. az-zumar/39: 53, q.s. an-najm/53: 39-42, q.s. ali imrān/3: 159 tentang optimis, ikhtiar, dan tawakal serta hadis terkait

1. Melalui Pendekatan Scientific Siswa secara berkelompok bermain cerdas cermat tentang optimis, ikhtiyar dan tawakkal

 

Tekhnik:

Tes Tulis

Bentuk : Soal Objektif dan Essay

"4.1.1.  Membaca q.s. az-zumar/39: 53, q.s. an-najm/53: 39-42, dan q.s. ali imran/3: 159 dengan tartil

4.1.2.  Menunjukkan hafalan q.s. az-zumar/39: 53, q.s. an-najm/53: 39-42, q.s. ali imran/3: 159 serta hadis terkait dengan lancar

4.1.3.  Menyajikan keterkaitan optimis, ikhtiar, dan tawakal dengan pesan q.s. az-zumar/39: 53, q.s. an-najm/53: 39-42, dan q.s. ali imran/3: 159

Siswa membaca

 

 

 

 

 

Siswa menghapal

 

 

 

 

 

 

 

Membuat paparan

Tekhnik:

Tes Tulis

 

Bentuk : Produk

 

Mengetahui                                                            Simpang Kelayang, Juli 2020

Kepala Sekolah                                    Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti

 

 

 

Drs, NAJRI                                                                ELIAH AFRIDA,M.Pd


Belum ada Komentar untuk "SILABUS PAI KLS 9 SMT GANJIL K 13"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel