SILABUS PAI KLS 7 SMT GENAP K 13
SILABUS
Nama
Sekolah : SMP N 2 Kelayang
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas
/ Semester : VII / II (Genap)
Kompetensi Inti : 1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.
Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleran, gotong royong),
santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial
dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.
Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata
4.
Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
Kompetensi Dasar (KD) |
Materi Pembelajaran |
Kegiatan Pembelajaran |
Teknik Penilaian |
Alokasi
Waktu |
Sumber Belajar |
1.6 Menyakini bahwa
hormat dan patuh kepada orang tua dan guru, dan berempati terhadap sesama
adalah perintah agama. |
Hormat
dan Patuh kepada Orang tua dan guru dan Empati |
Melakukan pengamatan sikap selama dalam proses
pembelajaran : 1.
taat pada orang tua dan guru 2. empati
pada sesama |
Tekhnik: Observasi dan
Penilaian Diri Bentuk : JURNAL dan
Lembar Penilaian diri |
6 JP |
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016. Buku
Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas VII.
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan |
2.6Menghayati perilaku
hormat dan patuh kepada orang tua dan guru, dan berempati terhadap sesama
dalam kehidupan sehari-hari |
Melakukan pengamatan sikap selama dalam proses
pembelajaran : 1.
taat pada orang tua dan guru 2. empati
pada sesama |
Tekhnik: Observasi dan
Penilaian Diri Bentuk : JURNAL dan
Lembar Penilaian diri |
|||
3.6
Memahami makna empati terhadap sesama, hormat dan patuh kepada kedua orang
tua dan guru. |
1. Melalui Pendekatan Scientific
Siswa secara berkelompok berdiskusi tentang
makna
empati terhadap sesame, hormat dan patuh
kepada kedua orang tua dan guru |
Tekhnik:
Tes
Tulis Bentuk
: Soal Objektif dan Essay |
|||
4.6 Menyajikan makna
empati terhadap sesama, hormat dan patuh kepada orang tua dan guru. |
|
Membuat karya berbentuk : poster |
Tekhnik: Tes Tulis Bentuk : Produk |
|
|
1.9 Menunaikan salat Jum’at sebagai
implementasi pemahaman ketaatan beribadah. |
Sholat
Jumat |
Melakukan pengamatan sikap selama dalam proses
pembelajaran : 1. taat
pada Allah 2. ketaatan
beribadah |
Tekhnik: Observasi dan
Penilaian Diri Bentuk : JURNAL dan
Lembar Penilaian diri |
6 JP |
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016. Buku
Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas
VII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan |
2.9Menghayati perilaku
peduli terhadap sesama dan lingkungan sebagai implementasi pelaksanaan salat
Jum’at |
Melakukan pengamatan sikap selama dalam proses
pembelajaran : 1. taat
pada Allah 2. ketaatan
beribadah |
Tekhnik: Observasi dan
Penilaian Diri Bentuk : JURNAL dan
Lembar Penilaian diri |
|||
3.9 Memahami ketentuan salat Jum’at. |
1. Melalui Pendekatan Scientific Siswa secara berkelompok
berdiskusi tentang sholat
jumat |
Tekhnik:
Tes
Tulis Bentuk
: Soal Objektif dan Essay |
|||
4.9Mempraktikkan salat
Jum’at. |
1.siswa Mendemonstrasikan cara salat jumat secara berkelompok |
Tekhnik: Tes Tulis Bentuk : Produk |
|||
1.10Menunaikan salat
jamak qasar ketika bepergian jauh
(musafir) sebagai implementasi pemahaman ketaatan beribadah |
Shalat
Jamak dan Qashar |
Melakukan pengamatan sikap selama dalam proses
pembelajaran : 1. taat
pada Allah 2. ketaatan
beribadah |
Tekhnik: Observasi dan
Penilaian Diri Bentuk : JURNAL dan
Lembar Penilaian diri |
6 JP |
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016. Buku
Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas
VII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan |
2.1Menghayati perilaku
disiplin sebagai implementasi pelaksanaan salat jamak qasar. |
Melakukan pengamatan sikap selama dalam proses
pembelajaran : 1
taat pada Allah 2. ketaatan
beribadah |
Tekhnik: Observasi dan
Penilaian Diri Bentuk : JURNAL dan
Lembar Penilaian diri |
|||
3.10 Memahami
ketentuan salat jamak qasar. |
1. Melalui Pendekatan Scientific Siswa secara berkelompok
berdiskusi tentang sholat
jamak dan qashar |
Tekhnik:
Tes
Tulis Bentuk
: Soal Objektif dan Essay |
|||
4.10 Mempraktikkan
salat jamak dan qasar. |
1.siswa Mendemonstrasikan cara salat jamak dan qashar secara berkelompok |
Tekhnik: Tes Tulis Bentuk : Produk |
|||
1.12Menghayati
perjuangan Nabi Muhammad saw. Periode Madinah dalam menegakkan risalah Allah
Swt. |
Sejarah Perjuangan Nabi
Muhammad saw.Periode
Madinah. |
Melakukan pengamatan sikap selama dalam proses pembelajaran : 1. taat
beragama 2. melaksanakan
salat wajib |
Tekhnik: Observasi dan
Penilaian Diri Bentuk : JURNAL dan
Lembar Penilaian diri |
3 JP |
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016. Buku
Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas
VII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan |
2.12Meneladani
perjuangan Nabi Muhammad saw. Periode Madinah. |
|
Tekhnik: Observasi dan
Penilaian Diri Bentuk : JURNAL dan
Lembar Penilaian diri |
|||
3.12 Memahami sejarah perjuangan Nabi Muhammad
saw.periode Madinah. |
1. Melalui Pendekatan Scientific Siswa secara berkelompok bermain
cerdas cermat tentang perjuangan Nabi Muhammad saw di Madinah |
Tekhnik:
Tes
Tulis Bentuk
: Soal Objektif dan Essay |
|||
4.12Menyajikan contoh
strategi perjuangan yang dilakukan Nabi Muhammad saw.periode Madinah. |
Melakukan pengamatan sikap selama dalam proses pembelajaran : 1. rajin belajar 2. tekun dan
ulet |
Tekhnik: Tes Tulis Bentuk : Produk |
|||
2.9. Meneladani sikap
terpuji khulafaurrasyidin |
KhulafaurRasyidin |
Melakukan pengamatan sikap selama dalam proses pembelajaran : 1. rajin
belajar 2. tekun dan
ulet |
Tekhnik: Observasi dan
Penilaian Diri Bentuk : JURNAL dan
Lembar Penilaian diri |
6 JP |
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016. Buku
Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas
VII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan |
3.9 Mengetahui sikap
terpuji khulafaurrasyidin |
1. Melalui Pendekatan Scientific Siswa secara berkelompok tentang
khulafaurrasyidin |
Tekhnik:
Tes
Tulis Bentuk
: Soal Objektif dan Essay |
|||
4.9 Mencontohkan
perilaku terpuji dari khulafaurrasyidin |
|
Membuat karya berbentuk : paparan |
Tekhnik: Tes Tulis Bentuk : Produk |
|
|
1.2Terbiasa membaca
al-Qur’ān dengan meyakini bahwa Allah mencintai orang-orang yang ikhlas,
sabar, dan pemaaf. |
Q.S. an-Nisá/4: 146, Q.S.
al-Baqarah/2: 153, dan Q.S. Áli Imrān/3: 134 serta Hadis terkait tentang Ikhlas, Sabar, dan Pemaaf. |
Melakukan pengamatan sikap selama dalam proses pembelajaran : 1. ikhlas 2. sabar dan
pemaaf |
Tekhnik: Observasi dan
Penilaian Diri Bentuk : JURNAL dan
Lembar Penilaian diri |
9 JP |
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016. Buku
Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas
VII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan |
2.2 Menghayati
perilaku ikhlas, sabar, dan pemaaf sebagai implementasi pemahaman Q.S.
an-Nisá/4: 146, Q.S. al-Baqarah/2: 153, dan Q.S. Áli Imrān/3: 134, dan Hadis
terkait. |
Melakukan pengamatan sikap selama dalam proses pembelajaran : 1. ikhlas 2. sabar dan
pemaaf |
Tekhnik: Observasi dan
Penilaian Diri Bentuk : JURNAL dan
Lembar Penilaian diri |
|||
3.2 Memahami Q.S.
an-Nisá/4: 146, Q.S. al-Baqarah/2: 153, dan Q.S. Áli Imrān/3: 134 serta hadis
terkait tentang ikhlas, sabar, dan pemaaf. |
1. Melalui Pendekatan Scientific Siswa secara berkelompok tentang Q.S. an-Nisá/4: 146,
Q.S. al-Baqarah/2: 153, dan Q.S. Áli Imrān/3: 134 serta hadis terkait tentang
ikhlas, sabar, dan pemaaf. |
Tekhnik:
Tes
Tulis Bentuk
: Soal Objektif dan Essay |
|||
4.2.1Membaca Q.S.
an-Nisá/4: 146, Q.S. al-Baqarah/2: 153, dan Q.S. Áli Imrān/3: 134 dengan
tartil. |
Sswa membaca Q.S. an-Nisá/4: 146, Q.S. al-Baqarah/2: 153, dan Q.S. Áli
Imrān/3: 134 serta hadis terkait tentang ikhlas, sabar, dan pemaaf. |
Tekhnik: Tes Tulis Bentuk : Produk |
|||
4.2.2Menunjukkan
hafalan Q.S. an-Nisá/4: 146, Q.S. al-Baqarah/2: 153, dan Q.S. Áli Imrān/3:
134dengan lancar. |
Siswa menghapal Q.S. an-Nisá/4: 146, Q.S.
al-Baqarah/2: 153, dan Q.S. Áli Imrān/3: 134 serta hadis terkait tentang
ikhlas, sabar, dan pemaaf. |
Tekhnik: Tes Tulis Bentuk : Produk |
|||
4.2.3. Menyajikan hubungan
keterkaitan ikhlas, sabar, dan
pemaaf dengan pesan Q.S. an-Nisá/4: 146, Q.S. al-Baqarah/2: 153, dan Q.S. Áli
Imrān/3: 134. |
Membuat karya berbentuk : paparan |
Tekhnik: Tes Tulis Bentuk : Produk |
Mengetahui Simpang Kelayang, Juli 2020
Kepala Sekolah Guru
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Drs, NAJRI ELIAH AFRIDA,M.Pd
Belum ada Komentar untuk "SILABUS PAI KLS 7 SMT GENAP K 13"
Posting Komentar