SILABUS PAI KLS 7 SMT GENAP K 13

SILABUS

Nama Sekolah             :    SMP N 2 Kelayang

Mata Pelajaran             :    Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti

Kelas / Semester          :    VII / II (Genap)

Kompetensi Inti           :   1.   Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya

2.    Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleran, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.

3.    Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata

4.    Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

 

Kompetensi Dasar (KD)

Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Teknik Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Belajar

1.6 Menyakini bahwa hormat dan patuh kepada orang tua dan guru, dan berempati terhadap sesama adalah perintah agama.

Hormat dan Patuh kepada Orang tua dan guru dan Empati

Melakukan pengamatan sikap selama dalam proses pembelajaran :

1.        taat pada orang tua dan guru

2.    empati pada sesama

Tekhnik: Observasi dan Penilaian Diri

 

Bentuk : JURNAL dan Lembar Penilaian diri

6 JP

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016. Buku Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas VII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

2.6Menghayati perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru, dan berempati terhadap sesama dalam kehidupan sehari-hari

Melakukan pengamatan sikap selama dalam proses pembelajaran :

1.      taat pada orang tua dan guru

2.    empati pada sesama

Tekhnik: Observasi dan Penilaian Diri

 

Bentuk : JURNAL dan Lembar Penilaian diri

3.6 Memahami makna empati terhadap sesama, hormat dan patuh kepada kedua orang tua dan guru.

 

1. Melalui Pendekatan Scientific Siswa secara berkelompok berdiskusi tentang  makna empati terhadap sesame, hormat dan patuh kepada kedua orang tua dan guru

 

Tekhnik:

Tes Tulis

Bentuk : Soal Objektif dan Essay

4.6 Menyajikan makna empati terhadap sesama, hormat dan patuh kepada orang tua dan guru.

 

Membuat karya berbentuk :

poster

Tekhnik:

Tes Tulis

 

Bentuk : Produk

 

 

1.9    Menunaikan salat Jum’at sebagai implementasi pemahaman ketaatan beribadah.

Sholat Jumat

Melakukan pengamatan sikap selama dalam proses pembelajaran :

1.      taat pada Allah

2.    ketaatan beribadah

Tekhnik: Observasi dan Penilaian Diri

 

Bentuk : JURNAL dan Lembar Penilaian diri

6 JP

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016. Buku Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas VII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

 

2.9Menghayati perilaku peduli terhadap sesama dan lingkungan sebagai implementasi pelaksanaan salat Jum’at

Melakukan pengamatan sikap selama dalam proses pembelajaran :

1.      taat pada Allah

2.    ketaatan beribadah

Tekhnik: Observasi dan Penilaian Diri

 

Bentuk : JURNAL dan Lembar Penilaian diri

3.9     Memahami ketentuan salat Jum’at.

1. Melalui Pendekatan Scientific Siswa secara berkelompok berdiskusi tentang  sholat jumat

 

Tekhnik:

Tes Tulis

Bentuk : Soal Objektif dan Essay

4.9Mempraktikkan salat Jum’at.

1.siswa Mendemonstrasikan cara salat jumat secara berkelompok

Tekhnik:

Tes Tulis

 

Bentuk : Produk

1.10Menunaikan salat jamak qasar  ketika bepergian jauh (musafir) sebagai implementasi pemahaman ketaatan beribadah

Shalat Jamak dan Qashar

Melakukan pengamatan sikap selama dalam proses pembelajaran :

1.      taat pada Allah

2.    ketaatan beribadah

Tekhnik: Observasi dan Penilaian Diri

 

Bentuk : JURNAL dan Lembar Penilaian diri

6 JP

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016. Buku Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas VII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

2.1Menghayati perilaku disiplin sebagai implementasi pelaksanaan salat jamak qasar.

Melakukan pengamatan sikap selama dalam proses pembelajaran :

1        taat pada Allah

2.    ketaatan beribadah

Tekhnik: Observasi dan Penilaian Diri

 

Bentuk : JURNAL dan Lembar Penilaian diri

3.10 Memahami ketentuan salat jamak qasar.

1. Melalui Pendekatan Scientific Siswa secara berkelompok berdiskusi tentang  sholat jamak dan qashar

 

Tekhnik:

Tes Tulis

Bentuk : Soal Objektif dan Essay

4.10 Mempraktikkan salat jamak dan qasar.

1.siswa Mendemonstrasikan cara salat jamak dan qashar secara berkelompok

Tekhnik:

Tes Tulis

 

Bentuk : Produk

1.12Menghayati perjuangan Nabi Muhammad saw. Periode Madinah dalam menegakkan risalah Allah Swt.

Sejarah Perjuangan Nabi Muhammad saw.Periode Madinah.

Melakukan pengamatan sikap selama dalam proses pembelajaran :

1.    taat beragama

2.    melaksanakan salat wajib

 

Tekhnik: Observasi dan Penilaian Diri

 

Bentuk : JURNAL dan Lembar Penilaian diri

3 JP

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016. Buku Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas VII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

2.12Meneladani perjuangan Nabi Muhammad saw. Periode Madinah.

 

Tekhnik: Observasi dan Penilaian Diri

 

Bentuk : JURNAL dan Lembar Penilaian diri

3.12   Memahami sejarah perjuangan Nabi Muhammad saw.periode Madinah.

1. Melalui Pendekatan Scientific Siswa secara berkelompok bermain cerdas cermat tentang perjuangan Nabi Muhammad saw di Madinah

 

Tekhnik:

Tes Tulis

Bentuk : Soal Objektif dan Essay

4.12Menyajikan contoh strategi perjuangan yang dilakukan Nabi Muhammad saw.periode Madinah.

Melakukan pengamatan sikap selama dalam proses pembelajaran :

1.    rajin belajar

2.    tekun dan ulet

 

Tekhnik:

Tes Tulis

 

Bentuk : Produk

2.9. Meneladani sikap terpuji khulafaurrasyidin

KhulafaurRasyidin

Melakukan pengamatan sikap selama dalam proses pembelajaran :

1.    rajin belajar

2.    tekun dan ulet

 

Tekhnik: Observasi dan Penilaian Diri

 

Bentuk : JURNAL dan Lembar Penilaian diri

6 JP

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016. Buku Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas VII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

3.9 Mengetahui sikap terpuji khulafaurrasyidin

1. Melalui Pendekatan Scientific Siswa secara berkelompok tentang khulafaurrasyidin

 

Tekhnik:

Tes Tulis

Bentuk : Soal Objektif dan Essay

4.9 Mencontohkan perilaku terpuji dari khulafaurrasyidin

 

Membuat karya berbentuk :

paparan

Tekhnik:

Tes Tulis

 

Bentuk : Produk

 

1.2Terbiasa membaca al-Qur’ān dengan meyakini bahwa Allah mencintai orang-orang yang ikhlas, sabar, dan pemaaf.

Q.S. an-Nisá/4: 146, Q.S. al-Baqarah/2: 153, dan Q.S. Áli Imrān/3: 134 serta Hadis terkait tentang Ikhlas, Sabar, dan Pemaaf.

Melakukan pengamatan sikap selama dalam proses pembelajaran :

1.    ikhlas

2.    sabar dan pemaaf

 

 

Tekhnik: Observasi dan Penilaian Diri

 

Bentuk : JURNAL dan Lembar Penilaian diri

9 JP

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016. Buku Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas VII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

2.2 Menghayati perilaku ikhlas, sabar, dan pemaaf sebagai implementasi pemahaman Q.S. an-Nisá/4: 146, Q.S. al-Baqarah/2: 153, dan Q.S. Áli Imrān/3: 134, dan Hadis terkait.

Melakukan pengamatan sikap selama dalam proses pembelajaran :

1.    ikhlas

2.    sabar dan pemaaf

 

Tekhnik: Observasi dan Penilaian Diri

 

Bentuk : JURNAL dan Lembar Penilaian diri

3.2 Memahami Q.S. an-Nisá/4: 146, Q.S. al-Baqarah/2: 153, dan Q.S. Áli Imrān/3: 134 serta hadis terkait tentang ikhlas, sabar, dan pemaaf.

1. Melalui Pendekatan Scientific Siswa secara berkelompok tentang Q.S. an-Nisá/4: 146, Q.S. al-Baqarah/2: 153, dan Q.S. Áli Imrān/3: 134 serta hadis terkait tentang ikhlas, sabar, dan pemaaf.

 

Tekhnik:

Tes Tulis

Bentuk : Soal Objektif dan Essay

4.2.1Membaca Q.S. an-Nisá/4: 146, Q.S. al-Baqarah/2: 153, dan Q.S. Áli Imrān/3: 134 dengan tartil.

Sswa membaca Q.S. an-Nisá/4: 146, Q.S. al-Baqarah/2: 153, dan Q.S. Áli Imrān/3: 134 serta hadis terkait tentang ikhlas, sabar, dan pemaaf.

Tekhnik:

Tes Tulis

 

Bentuk : Produk

4.2.2Menunjukkan hafalan Q.S. an-Nisá/4: 146, Q.S. al-Baqarah/2: 153, dan Q.S. Áli Imrān/3: 134dengan lancar.

Siswa menghapal Q.S. an-Nisá/4: 146, Q.S. al-Baqarah/2: 153, dan Q.S. Áli Imrān/3: 134 serta hadis terkait tentang ikhlas, sabar, dan pemaaf.

Tekhnik:

Tes Tulis

 

Bentuk : Produk

4.2.3. Menyajikan  hubungan  keterkaitan  ikhlas, sabar, dan pemaaf dengan pesan Q.S. an-Nisá/4: 146, Q.S. al-Baqarah/2: 153, dan Q.S. Áli Imrān/3: 134.

Membuat karya berbentuk :

paparan

Tekhnik:

Tes Tulis

 

Bentuk : Produk

 

Mengetahui                                                                  Simpang Kelayang, Juli 2020

Kepala Sekolah                          Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti

 

 

 

Drs, NAJRI                                                                ELIAH AFRIDA,M.Pd


Belum ada Komentar untuk "SILABUS PAI KLS 7 SMT GENAP K 13"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel