SILABUS PAI KLS 7 SMT GANJIL K 13

SILABUS

Nama Sekolah             :    SMP N 2 Kelayang

Mata Pelajaran             :    Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti

Kelas / Semester          :    VII / I (Ganjil)

Kompetensi Inti           :               1.   Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya

2.    Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleran, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.

3.    Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata

4.    Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

Kompetensi Dasar (KD)

Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Teknik Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Belajar

1.3Meyakini bahwa Allah Maha Mengetahui, Maha Waspada, Maha Mendengar, dan Maha Melihat.

Asmaul Husna

Melakukan pengamatan sikap selama dalam proses pembelajaran :

1.    Berdoa sebelum / sesudah melakukan sesuatu

2.    Selalu bersyukur

3.    Selalu mengucapkan kalimat thayyibah

Tekhnik: Observasi dan Penilaian Diri

 

Bentuk : JURNAL dan Lembar Penilaian diri

6 JP

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016. Buku Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas VII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

2.3Menghayati perilaku percaya diri, tekun, teliti, dan kerja keras sebagai implementasi  makna al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir.

Melakukan pengamatan sikap selama dalam proses pembelajaran :

1.    tekun

2.    teliti

3.    kerja keras

Tekhnik: Observasi dan Penilaian Diri

 

Bentuk : JURNAL dan Lembar Penilaian diri

3.3 Memahami makna al-Asma‘u al-Husna: al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir.

1. Melalui Pendekatan Scientific Siswa secara berkelompok berdiskusi tentang  makna al-Asma‘u al-Husna: al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir.

2.Siswa menulis hasil diskusi di kertas plano tentang al-Asma‘u al-Husna: al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir.

Tekhnik:

Tes Tulis

Bentuk : Soal Objektif dan Essay

4.3 Menyajikan contoh perilaku yang mencerminkan orang yang meneladani al-Asma‘u al-Husna: al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir.

Membuat karya berbentuk :

Karya seni lagu Asmaul Husna

Tekhnik:

Tes Tulis

 

Bentuk : Produk

 

3.5     Memahami makna perilaku jujur, amanah, dan istiqamah

Jujur, Amanah dan Istiqomah

1. Melalui Pendekatan Scientific Siswa secara berkelompok berdiskusi tentang  makna perilaku jujur, amanah dan istiqomah.

2.Siswa menulis hasil diskusi di kertas plano tentang makna perilaku jujur, amanah dan istiqomah.

Tekhnik:

Tes Tulis

Bentuk : Soal Objektif dan Essay

6 JP

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016. Buku Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas VII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

4.5    Menyajikan makna perilaku jujur, amanah, dan istiqamah.

Membuat karya berbentuk :

Karya seni poster

Tekhnik:

Tes Tulis

 

Bentuk : Produk

1.7Menghayati ajaran bersuci dari hadas kecil dan hadas besar berdasarkan syariat Islam

• Mengamati dan memberi komentar

gambar atau tayangan yang terkait dengan kebersihan.

Tekhnik: Observasi dan Penilaian Diri

 

Bentuk : JURNAL dan Lembar Penilaian diri

 

2.7Menghayati perilaku hidup bersih sebagai wujud ketentuan bersuci dari hadas besar berdasarkan ketentuan syari’at Islam

Thaharoh

Melakukan pengamatan sikap selama dalam proses pembelajaran :

1.   bersih diri dan pakaian

2.   kebersihan lingkungan

 

Tekhnik: Observasi dan Penilaian Diri

 

Bentuk : JURNAL dan Lembar Penilaian diri

9 JP

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016. Buku Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas VII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

3.7Memahami ketentuan bersuci dari hadas besar berdasarkan ketentuan syari’at Islam.

1. Melalui Pendekatan Scientific Siswa secara berkelompok berdiskusi tentang  bersuci dari hadas  kecil dan hadas  besar,

dalil naqli mengenai ketentuan bersuci dari hadas  kecil dan hadas  besar. dan tata cara bersuci dari hadas  kecil dan hadas  besar.

2.Siswa menulis hasil diskusi di kertas plano tentang bersuci dari hadas  kecil dan hadas  besar,

dalil naqli mengenai ketentuan bersuci dari hadas  kecil dan hadas  besar. dan tata cara bersuci dari hadas  kecil dan hadas  besar

Tekhnik:

Tes Tulis

Bentuk : Soal Objektif dan Essay

4.7Menyajikan tata cara bersuci dari hadas besar.

1.siswa Mendemonstrasikan cara bersuci dari hadas  kecil dan hadas 

besar.

2.Secara berkelompok Menyajikan paparan bagan tentang ketentuan  bersuci dari hadas  kecil dan hadas  besar, rumusan hikmah dan manfaat bersuci dari hadas  kecil dan hadas  besar .

Tekhnik:

Tes Tulis

 

Bentuk : Produk

1.8 Menunaikan salat wajib berjamaah sebagai implementasi pemahaman rukun Islam.

Shalat Berjamaah

Melakukan pengamatan sikap selama dalam proses pembelajaran :

1.    taat beragama

2.    melaksanakan salat wajib

 

Tekhnik: Observasi dan Penilaian Diri

 

Bentuk : JURNAL dan Lembar Penilaian diri

6 JP

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016. Buku Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas VII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

2.8Menghayati perilaku demokratis sebagai implementasi pelaksanaan salat berjamaah.

Melakukan pengamatan sikap selama dalam proses pembelajaran :

1.    taat beragama

2.    melaksanakan salat wajib

 

Tekhnik: Observasi dan Penilaian Diri

 

Bentuk : JURNAL dan Lembar Penilaian diri

3.8  Memahami ketentuan salat berjamaah.

1. Melalui Pendekatan Scientific Siswa secara berkelompok berdiskusi tentang  salat berjamaah.

 

Tekhnik:

Tes Tulis

Bentuk : Soal Objektif dan Essay

4.8Mempraktikkan salat berjamaah.

1.siswa Mendemonstrasikan cara salat berjamaah.

besar.

 

Tekhnik:

Tes Tulis

 

Bentuk : Produk

1.11Menghayati perjuangan Nabi Muhammad saw. periode Makkah dalam menegakkan risalah Allah Swt.

 

Sejarah Nabi Muhammad saw. di Makkah

Melakukan pengamatan sikap selama dalam proses pembelajaran :

1.    rajin belajar

2.    tekun dan ulet

 

Tekhnik: Observasi dan Penilaian Diri

 

Bentuk : JURNAL dan Lembar Penilaian diri

3 JP

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016. Buku Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas VII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

2.11Meneladani perjuangan Nabi Muhammad saw. periode Makkah.

Melakukan pengamatan sikap selama dalam proses pembelajaran :

1.    rajin belajar

2.    tekun dan ulet

 

Tekhnik: Observasi dan Penilaian Diri

 

Bentuk : JURNAL dan Lembar Penilaian diri

3.11 Memahami sejarah perjuangan Nabi Muhammad saw.periode Mekah.

1. Melalui Pendekatan Scientific Siswa secara berkelompok bermain cerdas cermat tentang perjuangan Nabi Muhammad saw di Makkah

 

Tekhnik:

Tes Tulis

Bentuk : Soal Objektif dan Essay

4.11Menyajikan contoh strategi perjuangan yang dilakukan Nabi Muhammad saw.periode Mekah.

Membuat karya berbentuk :

paparan

Tekhnik:

Tes Tulis

 

Bentuk : Produk

1.1Terbiasa membaca al-Qur’ān dengan meyakini bahwa Allah akan meninggikan derajat orang yang beriman dan berilmu.

 

Q.S. al-Mujādilah /58: 11, Q.S. ar-Rahmān /55: 33  serta hadis terkait tentang menuntut ilmu.

Melakukan pengamatan sikap selama dalam proses pembelajaran :

1.    rajin belajar

2.    tekun dan ulet

 

Tekhnik: Observasi dan Penilaian Diri

 

Bentuk : JURNAL dan Lembar Penilaian diri

9 JP

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016. Buku Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas VII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

2.1 Menghayati perilaku semangat menuntut ilmu sebagai implementasi Q.S. al-Mujādilah /58: 11, Q.S. ar-Rahmān /55: 33 dan hadis terkait.

Melakukan pengamatan sikap selama dalam proses pembelajaran :

1.    rajin belajar

2.    tekun dan ulet

 

Tekhnik: Observasi dan Penilaian Diri

 

Bentuk : JURNAL dan Lembar Penilaian diri

3.1  Memahami Q.S. al-Mujādilah /58: 11, Q.S. ar-Rahmān /55: 33  serta hadis terkait tentang menuntut ilmu.

 

Tekhnik:

Tes Tulis

Bentuk : Soal Objektif dan Essay

 

4.1.1 Membaca Q.S. al-Mujādilah /58: 11, Q.S. ar-Rahmān /55: 33  dengan tartil.

1.siswa melapalkan bacaan Q.S. al-Mujādilah /58: 11, Q.S. ar-Rahmān /55: 33  dengan tartil.

 

Tekhnik:

Tes Tulis

 

Bentuk : Produk

4.1.2  Menunjukkan hafalan Q.S. al-Mujādilah /58: 11, Q.S. ar-Rahmān /55: 33.

 

1.siswa menghapalkan bacaan Q.S. al-Mujādilah /58: 11, Q.S. ar-Rahmān /55: 33  dengan tartil.

 

Tekhnik:

Tes Tulis

 

Bentuk : Produk

4.1.3  Menyajikan    keterkaitan  semangat menuntut ilmu dengan pesanQ.S. al-Mujādilah /58: 11, Q.S. ar-Rahmān /55: 33.

Membuat karya berbentuk :

bagan

Tekhnik:

Tes Tulis

 

Bentuk : Produk

1.4Beriman kepada malaikat-malaikat Allah Swt.

Iman Kepada Malaikat

Melakukan pengamatan sikap selama dalam proses pembelajaran :

1.    Berdoa sebelum / sesudah melakukan sesuatu

2.    Selalu bersyukur

3.    Selalu mengucapkan kalimat thayyibah

Tekhnik: Observasi dan Penilaian Diri

 

Bentuk : JURNAL dan Lembar Penilaian diri

6 JP

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016. Buku Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas VII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

2.4Menghayati perilaku disiplin sebagai cerminan makna iman kepada malaikat.

Melakukan pengamatan sikap selama dalam proses pembelajaran :

1.    disiplin

 

Tekhnik: Observasi dan Penilaian Diri

 

Bentuk : JURNAL dan Lembar Penilaian diri

 

3.4Memahami makna iman kepada malaikat berdasarkan dalil naqli.

1. Melalui Pendekatan Scientific Siswa secara berkelompok menemukan makna iman kepada malaikat berdasarkan dalil naqli.

 

Tekhnik:

Tes Tulis

Bentuk : Soal Objektif dan Essay

4.4Menyajikan contoh perilaku yang mencerminkan iman kepada malaikat Allah Swt.

Membuat karya berbentuk :

Table perilaku iman kepada malaikat.

Tekhnik:

Tes Tulis

 

Bentuk : Produk

Mengetahui                                                                         Simpang Kelayang, Juli 2020

Kepala Sekolah                                     Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti

 

 

 

Drs, NAJRI                                         ELIAH AFRIDA,M.Pd


Belum ada Komentar untuk "SILABUS PAI KLS 7 SMT GANJIL K 13"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel