SILABUS PAI KLS 7 SMT GANJIL K 13
SILABUS
Nama
Sekolah : SMP N 2 Kelayang
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas
/ Semester : VII / I (Ganjil)
Kompetensi Inti : 1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.
Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleran, gotong royong),
santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial
dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.
Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata
4.
Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
Kompetensi Dasar (KD) |
Materi Pembelajaran |
Kegiatan Pembelajaran |
Teknik Penilaian |
Alokasi
Waktu |
Sumber Belajar |
1.3Meyakini bahwa Allah Maha Mengetahui, Maha
Waspada, Maha Mendengar, dan Maha Melihat. |
Asmaul Husna |
Melakukan pengamatan sikap selama dalam proses
pembelajaran : 1. Berdoa
sebelum / sesudah melakukan sesuatu 2. Selalu
bersyukur 3. Selalu mengucapkan
kalimat thayyibah |
Tekhnik: Observasi dan
Penilaian Diri Bentuk : JURNAL dan
Lembar Penilaian diri |
6 JP |
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016. Buku
Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas
VII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan |
2.3Menghayati perilaku percaya diri, tekun, teliti,
dan kerja keras sebagai implementasi
makna al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir. |
Melakukan pengamatan sikap selama dalam proses pembelajaran : 1. tekun 2. teliti 3. kerja
keras |
Tekhnik: Observasi dan
Penilaian Diri Bentuk : JURNAL dan
Lembar Penilaian diri |
|||
3.3 Memahami makna al-Asma‘u al-Husna:
al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir. |
1. Melalui Pendekatan Scientific
Siswa secara berkelompok berdiskusi tentang
makna
al-Asma‘u al-Husna:
al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir. 2.Siswa menulis hasil diskusi di
kertas plano tentang al-Asma‘u al-Husna:
al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir. |
Tekhnik:
Tes
Tulis Bentuk
: Soal Objektif dan Essay |
|||
4.3 Menyajikan contoh perilaku yang mencerminkan
orang yang meneladani al-Asma‘u al-Husna: al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan
al-Bashir. |
Membuat karya berbentuk : Karya seni lagu Asmaul Husna |
Tekhnik: Tes Tulis Bentuk : Produk |
|
||
3.5
Memahami makna perilaku jujur, amanah, dan istiqamah |
Jujur,
Amanah dan Istiqomah |
1. Melalui Pendekatan Scientific Siswa secara berkelompok
berdiskusi tentang makna
perilaku jujur, amanah dan istiqomah. 2.Siswa menulis hasil diskusi di kertas plano tentang makna
perilaku jujur, amanah dan istiqomah. |
Tekhnik:
Tes
Tulis Bentuk
: Soal Objektif dan Essay |
6 JP |
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016. Buku
Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas
VII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan |
4.5
Menyajikan makna perilaku jujur, amanah, dan istiqamah. |
Membuat karya berbentuk : Karya seni poster |
Tekhnik: Tes Tulis Bentuk : Produk |
|||
1.7Menghayati ajaran bersuci dari hadas kecil dan
hadas besar berdasarkan syariat Islam |
• Mengamati dan memberi komentar gambar atau tayangan yang terkait dengan kebersihan. |
Tekhnik: Observasi dan
Penilaian Diri Bentuk : JURNAL dan
Lembar Penilaian diri |
|
||
2.7Menghayati perilaku hidup bersih sebagai wujud
ketentuan bersuci dari hadas besar berdasarkan ketentuan syari’at Islam |
Thaharoh |
Melakukan pengamatan sikap selama dalam proses pembelajaran : 1. bersih
diri dan pakaian 2. kebersihan
lingkungan |
Tekhnik: Observasi dan
Penilaian Diri Bentuk : JURNAL dan
Lembar Penilaian diri |
9 JP |
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016. Buku
Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas
VII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan |
3.7Memahami ketentuan bersuci dari hadas besar
berdasarkan ketentuan syari’at Islam. |
1. Melalui Pendekatan Scientific Siswa secara berkelompok
berdiskusi tentang bersuci dari
hadas kecil dan hadas besar, dalil naqli mengenai ketentuan bersuci dari hadas kecil dan hadas besar. dan tata cara bersuci dari
hadas kecil dan hadas besar. 2.Siswa menulis hasil diskusi di kertas plano tentang bersuci
dari hadas kecil dan hadas besar, dalil naqli mengenai ketentuan bersuci dari hadas kecil dan hadas besar. dan tata cara bersuci dari
hadas kecil dan hadas besar |
Tekhnik:
Tes
Tulis Bentuk
: Soal Objektif dan Essay |
|||
4.7Menyajikan tata cara bersuci dari hadas besar. |
1.siswa Mendemonstrasikan cara bersuci dari hadas kecil dan hadas besar. 2.Secara berkelompok Menyajikan paparan bagan tentang
ketentuan bersuci dari hadas kecil dan hadas besar, rumusan hikmah dan manfaat bersuci
dari hadas kecil dan hadas besar . |
Tekhnik: Tes Tulis Bentuk : Produk |
|||
1.8 Menunaikan salat
wajib berjamaah sebagai implementasi pemahaman rukun Islam. |
Shalat
Berjamaah |
Melakukan pengamatan sikap selama dalam proses pembelajaran : 1. taat
beragama 2. melaksanakan
salat wajib |
Tekhnik: Observasi dan
Penilaian Diri Bentuk : JURNAL dan
Lembar Penilaian diri |
6 JP |
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016. Buku
Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas
VII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan |
2.8Menghayati perilaku
demokratis sebagai implementasi pelaksanaan salat berjamaah. |
Melakukan pengamatan sikap selama dalam proses pembelajaran : 1. taat
beragama 2. melaksanakan
salat wajib |
Tekhnik: Observasi dan
Penilaian Diri Bentuk : JURNAL dan
Lembar Penilaian diri |
|||
3.8 Memahami ketentuan salat berjamaah. |
1. Melalui Pendekatan Scientific Siswa secara berkelompok
berdiskusi tentang salat
berjamaah. |
Tekhnik:
Tes
Tulis Bentuk
: Soal Objektif dan Essay |
|||
4.8Mempraktikkan salat
berjamaah. |
1.siswa Mendemonstrasikan cara salat berjamaah. besar. |
Tekhnik: Tes Tulis Bentuk : Produk |
|||
1.11Menghayati
perjuangan Nabi Muhammad saw. periode Makkah dalam menegakkan risalah Allah
Swt. |
Sejarah
Nabi Muhammad saw. di Makkah |
Melakukan pengamatan sikap selama dalam proses pembelajaran : 1. rajin
belajar 2. tekun dan
ulet |
Tekhnik: Observasi dan
Penilaian Diri Bentuk : JURNAL dan
Lembar Penilaian diri |
3 JP |
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016. Buku
Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas
VII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan |
2.11Meneladani
perjuangan Nabi Muhammad saw. periode Makkah. |
Melakukan pengamatan sikap selama dalam proses pembelajaran : 1. rajin
belajar 2. tekun dan
ulet |
Tekhnik: Observasi dan
Penilaian Diri Bentuk : JURNAL dan
Lembar Penilaian diri |
|||
3.11 Memahami sejarah
perjuangan Nabi Muhammad saw.periode Mekah. |
1. Melalui Pendekatan Scientific Siswa secara berkelompok bermain
cerdas cermat tentang perjuangan Nabi Muhammad saw di Makkah |
Tekhnik:
Tes
Tulis Bentuk
: Soal Objektif dan Essay |
|||
4.11Menyajikan contoh
strategi perjuangan yang dilakukan Nabi Muhammad saw.periode Mekah. |
Membuat karya berbentuk : paparan |
Tekhnik: Tes Tulis Bentuk : Produk |
|||
1.1Terbiasa membaca
al-Qur’ān dengan meyakini bahwa Allah akan meninggikan derajat orang yang
beriman dan berilmu. |
Q.S. al-Mujādilah /58: 11, Q.S.
ar-Rahmān /55: 33 serta hadis terkait
tentang menuntut ilmu. |
Melakukan pengamatan sikap selama dalam proses pembelajaran : 1. rajin
belajar 2. tekun dan
ulet |
Tekhnik: Observasi dan
Penilaian Diri Bentuk : JURNAL dan
Lembar Penilaian diri |
9 JP |
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016. Buku
Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas
VII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan |
2.1 Menghayati
perilaku semangat menuntut ilmu sebagai implementasi Q.S. al-Mujādilah /58:
11, Q.S. ar-Rahmān /55: 33 dan hadis terkait. |
Melakukan pengamatan sikap selama dalam proses pembelajaran : 1. rajin
belajar 2. tekun dan
ulet |
Tekhnik: Observasi dan
Penilaian Diri Bentuk : JURNAL dan
Lembar Penilaian diri |
|||
3.1 Memahami Q.S. al-Mujādilah /58: 11, Q.S.
ar-Rahmān /55: 33 serta hadis terkait
tentang menuntut ilmu. |
|
Tekhnik:
Tes
Tulis Bentuk
: Soal Objektif dan Essay |
|
||
4.1.1 Membaca Q.S.
al-Mujādilah /58: 11, Q.S. ar-Rahmān /55: 33
dengan tartil. |
1.siswa melapalkan bacaan Q.S. al-Mujādilah /58: 11, Q.S.
ar-Rahmān /55: 33 dengan tartil. |
Tekhnik: Tes Tulis Bentuk : Produk |
|||
4.1.2 Menunjukkan hafalan Q.S. al-Mujādilah /58:
11, Q.S. ar-Rahmān /55: 33. |
|
1.siswa menghapalkan bacaan Q.S. al-Mujādilah /58: 11, Q.S.
ar-Rahmān /55: 33 dengan tartil. |
Tekhnik: Tes Tulis Bentuk : Produk |
||
4.1.3 Menyajikan keterkaitan semangat menuntut ilmu dengan pesanQ.S. al-Mujādilah
/58: 11, Q.S. ar-Rahmān /55: 33. |
Membuat karya berbentuk : bagan |
Tekhnik: Tes Tulis Bentuk : Produk |
|||
1.4Beriman kepada
malaikat-malaikat Allah Swt. |
Iman
Kepada Malaikat |
Melakukan pengamatan sikap selama dalam proses pembelajaran : 1. Berdoa sebelum /
sesudah melakukan sesuatu 2. Selalu bersyukur 3. Selalu mengucapkan
kalimat thayyibah |
Tekhnik: Observasi dan
Penilaian Diri Bentuk : JURNAL dan
Lembar Penilaian diri |
6 JP |
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016. Buku
Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas
VII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan |
2.4Menghayati perilaku
disiplin sebagai cerminan makna iman kepada malaikat. |
Melakukan pengamatan sikap selama dalam proses pembelajaran : 1. disiplin |
Tekhnik: Observasi dan
Penilaian Diri Bentuk : JURNAL dan
Lembar Penilaian diri |
|
||
3.4Memahami makna iman
kepada malaikat berdasarkan dalil naqli. |
1. Melalui Pendekatan Scientific Siswa secara berkelompok menemukan
makna iman kepada malaikat berdasarkan dalil naqli. |
Tekhnik:
Tes
Tulis Bentuk
: Soal Objektif dan Essay |
|||
4.4Menyajikan contoh
perilaku yang mencerminkan iman kepada malaikat Allah Swt. |
Membuat karya berbentuk : Table perilaku iman kepada malaikat. |
Tekhnik: Tes Tulis Bentuk : Produk |
Mengetahui Simpang Kelayang, Juli 2020
Kepala Sekolah Guru
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Drs, NAJRI ELIAH AFRIDA,M.Pd
Belum ada Komentar untuk "SILABUS PAI KLS 7 SMT GANJIL K 13"
Posting Komentar