RPP PAI Kelas 9 K 13 satu lembar smt genap


RPP Sesuai Surat Edaran Kemendikbud No 14 Tahun 2019

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

No. 8
Nama Satuan Pendidikan              :  SMP Negeri 2 Kelayang.
Mata Pelajaran/Tema                     :  Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Semester : IV/Ganjil            :  IX (Sembilan) / II (Genap)
Materi Pokok                                 :  Iman Kepada Qadha dan Qadar
Alokasi Waktu                               :   2 Pertemuan (6 JPL)

Tujuan Pembelajaran
1.    Pertemuan 1
1)      Menunjukkan perilaku tawakal kepada Allah swt sebagai implementasi pemahaman iman kepada qadha dan qadar
2)      Memahami penjelasan mengenai iman kepada Qadha dan Qadar
3)      Mengidentifikasi contoh-contoh nyata perilaku tawakal yang mencerminkan beriman kepada Qadha dan Qadar.
4)      Menjelaskan contoh-contoh nyata perilaku tawakal yang mencerminkan beriman kepada qadha dan qada.
2.         Pertemuan Kedua
1)      Menghubungkan dalil naqli tentang beriman kepada Qadha dan Qadar dengan sifat tawakal serta hubungannya terhadap ketenangan dan ketenteraman hidup seseorang.
2)      Menghubungkan antara ikhtiar dan tawakal terhadap takdir muallak yang berdampak pada kesuksesan dan ketenteraman hidup seseorang.
3)      Menyajikan paparan hubungan sifat tawakal atas takdir mubram terhadap ketenangan dan ketenteraman hidup seseorang.
4)      Menyajikan paparan mata rantai atau hubungan antara ikhtiar dan tawakal terhadap takdir muallaq yang berdampak pada kesuksesan dan ketenteraman hidup seseorang.

1.      Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
1.1.       Alat dan Bahan
1.1.1.          Alat       : Papan tulis, spidol
1.1.2.          Bahan : Buku PAI kelas IX
1.1.3.          Pertanyaan
Dapatkah siswa menjelaskan tentang qadha dan qadar?
1.2.       Siswa berlatih praktik /mengerjakan tugas halaman buku  159 s.d. 168
Tentang contoh taqdir mubram dan mu’allaq
1.3.       Siswa mempresentasikan hasil kerja kelompok/individu
Tentang taqdir
1.4.       Menyimpulkan dan Penilaian Pembelajaran
1.4.1.          Kesimpulan Pembelajaran
Qadha adalah ketetapan Allah Swt sejak zaman azali. Qadar yaitu perwujudan qadha.
Taqdir mubram tidak bisa diubah. Taqdir mu’allaq tergantung usaha manusia.
1.4.2.         Penilaian
No.
Indikator
Butir Instrumen
1.
Menjelaskan pengertian Qadha dan Qadar.
Jelaskan pengertian Qadha dan Qadar.
2.
Menyebutkan pengertian beriman kepada qadha dan qadar
Sebutkan pengertian beriman kepada qadha dan qadar
3.
Menjelaskan manfaat beriman kepada taqdir Allah
Jelaskan manfaat beriman kepada taqdir Allah
4.
Menjelaskan contoh taqdir mubram dan mu’allaq.
Jelaskan contoh taqdir mubram dan mu’allaq.
5.
Menuliskan dalil al-Quran tentang qadha dan qadar
Tuliskan dalil al-Qur’an tentang qadha dan qadar.
Simpang Kelayang, 6 Juli. 2020
Mangetahui                                                                             Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah

Drs. NAJRI,M.Si                                                                ELIAH AFRIDA,S.Ag.M.Pd.
NIP 196509091997031002                                                  NIP197604032000032006

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RPP Sesuai Surat Edaran Kemendikbud No 14 Tahun 2019

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

No. 9
Nama Satuan Pendidikan              :  SMP Negeri 2 Kelayang.
Mata Pelajaran/Tema                     :  Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Semester : IV/Ganjil            :  IX (Sembilan) / II (Genap)
Materi Pokok                                     :  Tata krama, Santun, dan Malu
Alokasi Waktu                                 :  2 Pertemuan (6 JPL)

Tujuan Pembelajaran
1.    Pertemuan 1
1)         Meyakini bahwa berbakti dan taat tata krama, sopan santun, dan rasa malu adalah ajaran pokok agama
2)        Menunjukkan perilaku tata krama
3)        Memberikan komentar gambar atau tayangan yang terkait dengan perilaku tata karma
4)        Memahami pentingnya perilaku tata krama.
2.         Pertemuan Kedua
1)        Menjelaskan contoh-contoh nyata perilaku sopan santun, dan rasa malu sebagai implementasi pemahaman Q.S. al-Baqarah/2: 83 dan hadits terkait.
2)        Menganilis hubungan rumusan hubungan antara perilaku tata krama, sopan santun, dan rasa malu dengan kemudahan yang didapat dalam kehidupan.
3)        Memaparkan hubungan rumusan hubungan antara sikap tata krama, sopan santun, dan rasa malu dengan kemudahan yang didapat dalam kehidupan
4)        Menyajikan contoh perilaku sopan-santun, dan rasa malu

2.      Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
2.1.       Alat dan Bahan
2.1.1.          Alat       : papan tulis, spidol
2.1.2.          Bahan : Buku PAI kelas IX
2.1.3.          Pertanyaan
Dapatkah siswa menjelaskan contoh tata karma, santun dan malu?
2.2.       Siswa berlatih praktik /mengerjakan tugas halaman buku 177 s.d. 191
Tentang tata karma, santun dan malu
2.3.       Siswa mempresentasikan hasil kerja kelompok/individu
Tentang tata karma, santun dan malu
2.4.       Menyimpulkan dan Penilaian Pembelajaran
2.4.1.          Kesimpulan Pembelajaran
Tata krama dalam berkomunikasi, bersikap dan berpakaian, santun, dan malu membuat seseorang akan dihargai orang lain.
2.4.2.         Penilaian
No.
Indikator
Butir Instrumen
1.
Menjelaskan manfaat tata krama dengan benar.
Jelaskan manfaat tata krama!
2.
Menyebutkan pentingnya tata krama dalam masyarakat.
Sebutkanlah pentingnya tata krama dalam masyarakat!
3.
Menyebutkan  contoh perilaku santun dalam bergaul dengan teman sekelas dengan benar.
Sebutkan contoh perilaku santun dalam bergaul dengan teman sekelas!
4.
Menyebutkan manfaat sifat malu dengan benar.
Sebutkanlah manfaat sifat malu!
5.
Menjelaskan pendapat jika teman berkata kotor dengan benar.
Apa yang kamu lakukan jika melihat temanmu berkata kotor!
.Simpang Kelayang, 6 Juli. 2020
Mangetahui                                                                            Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah
Drs. NAJRI,M.Si                                                                 ELIAH AFRIDA,S.Ag.M.Pd.
NIP 196509091997031002                                                        NIP197604032000032006

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RPP Sesuai Surat Edaran Kemendikbud No 14 Tahun 2019

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

No. 10
Nama Satuan Pendidikan              :  SMP Negeri 2 Kelayang.
Mata Pelajaran/Tema                     :  Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Semester : IV/Ganjil            :  IX (Sembilan) / II (Genap)
Materi Pokok                                     :  Penyembelihan Hewan
Alokasi Waktu                                :  1 Pertemuan (3 JPL)

Tujuan Pembelajaran
a.  Menjelaskan ketentuan penyembelihan hewan dalam Islam  dengan benar
b.  Menjelaskan hikmah penyembelihan hewan dalam Islam dengan benar
c.   Menjelaskan tata cara penyembelihan hewan sesuai dengan ketentuan  syariat Islam
d.  Mensimulasikan tata cara penyembelihan hewan sesuai syariat Islam

3.      Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
3.1.       Alat dan Bahan
3.1.1.          Alat       : papan tulis, spidol
3.1.2.          Bahan : Buku PAI kelas IX
3.1.3.          Pertanyaan
Dapatkah siswa menjelaskan tentang tata cara penyembelihan yang benar?
3.2.       Siswa berlatih praktik /mengerjakan tugas halaman buku  201 s.d 208
Tentang tata cara penyembelihan.
3.3.       Siswa mempresentasikan hasil kerja kelompok/individu
Tata cara penyembelihan
3.4.       Menyimpulkan dan Penilaian Pembelajaran
3.4.1.          Kesimpulan Pembelajaran
Penyembelihan harus dilakukan oleh orang Islam, binatangnya halal dan masih hidup dan dengan alat yang tajam.
3.4.2.         Penilaian
No.
Indikator
Butir Instrumen
1.
Menjelaskan hal-hal yang makruh dalam penyembelihan hewan
Jelaskan hal-hal yang makruh dalam penyembelihan hewan
2.
Menyebutkan syarat-syarat penyembelih hewan
Sebutkan syarat-syarat penyembelih hewan!
3.
Menyebutkan tata cara penyembelihan hewan secara mekanik
Sebutkan tata cara penyembelihan hewan secara mekanik!
4.
Menyebutkan tata cara penyembelihan hewan secara tradisional
Sebutkan tata cara penyembelihan hewan secara tradisional!
5.
Menjelaskan hal-hal yang disunnahkan dalam penyembelihan
Jelaskan hal-hal yang disunnahkan dalam penyembelihan hewan!
.Simpang Kelayang, 6 Juli. 2020
Mangetahui                                                                              Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah

Drs. NAJRI,M.Si                                                                  ELIAH AFRIDA,S.Ag.M.Pd.
NIP 196509091997031002                                                       NIP197604032000032006


*Catatan : Komponen lainnya sebagai pelengkap.

RPP Sesuai Surat Edaran Kemendikbud No 14 Tahun 2019

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

No. 11
Nama Satuan Pendidikan              :  SMP Negeri 2 Kelayang.
Mata Pelajaran/Tema                     :  Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Semester : IV/Ganjil            :  IX (Sembilan) / II (Genap)
Materi Pokok                                     :  Qurban dan Akikah
Alokasi Waktu                                :  1 Pertemuan (3 JPL)

Tujuan Pembelajaran
·         Meyakini bahwa berbakti dan taat tata krama, sopan santun, dan rasa malu adalah ajaran pokok agama
·         Menunjukkan perilaku tata krama, sopan santun, dan rasa malu
·         Memberikan komentar gambar atau tayangan yang terkait dengan perilaku tata krama, sopan santun, dan rasa mal
·         Memahami pentingnya perilaku tata krama, sopan santun, dan rasa malu.
·         Menjelaskan contoh-contoh nyata perilaku tata krama, sopan santun, dan rasa malu sebagai implementasi pemahaman Q.S. al-Baqarah/2: 83 dan hadits terkait.
·         Menganilis hubungan rumusan hubungan antara perilaku tata krama, sopan santun, dan rasa malu dengan kemudahan yang didapat dalam kehidupan.
·         Memaparkan hubungan rumusan hubungan antara sikap tata krama, sopan santun, dan rasa malu dengan kemudahan yang didapat dalam kehidupan
·         Menyajikan contoh perilaku tata krama, sopan-santun, dan rasa malu

4.      Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
4.1.       Alat dan Bahan
4.1.1.          Alat       : papan tulis, spidol
4.1.2.          Bahan : buku PAI kelas IX
4.1.3.          Pertanyaan
Dapatkah siswa menjelaskan tentang qurban dan akikah?
4.2.       Siswa berlatih praktik /mengerjakan tugas halaman buku  217 s.d. 226
Tentang Qurban dan akikah
4.3.       Siswa mempresentasikan hasil kerja kelompok/individu
Tentang syarat qurban dan akikah.
4.4.       Menyimpulkan dan Penilaian Pembelajaran
4.4.1.          Kesimpulan Pembelajaran
Hewan qurban dan akikah syaratnya harus jantan, cukup umur, sehat dan tidak cacat.
4.4.2.         Penilaian
No.
Indikator
Butir Instrumen
1.
Menjelaskan pengertian qurban dan akikah dengan benar
Jelaskan pengertian qurban dan akikah!
2.
Menyebutkan hikmah pelaksanaan akikah dengan benar
Sebutkan hikmah pelaksanaan akikah!
3.
Menyebutkan ketentuan pembagian daging kurban dengan benar
Sebutkan ketentuan pembagian daging kurban!
4.
Menyebutkan ketentuan pembagian daging akikah dengan benar
Sebutkan ketentuan pembagian daging akikah!
5.
Menjelaskan hikmah pelaksanaan kurban dengan benar
Jelaskan hikmah pelaksaan kurban!



.Simpang Kelayang, 6 Juli. 2020
Mangetahui                                                                             Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah

Drs. NAJRI,M.Si                                                                 ELIAH AFRIDA,S.Ag.M.Pd.

*Catatan : Komponen lainnya sebagai pelengkap.


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RPP Sesuai Surat Edaran Kemendikbud No 14 Tahun 2019

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

No. 12
Nama Satuan Pendidikan              :  SMP Negeri 2 Kelayang.
Mata Pelajaran/Tema                     :  Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Semester : IV/Ganjil            :  IX (Sembilan) / II (Genap)
Materi Pokok                                 :  Tradisi Islam di Nusantara.
Alokasi Waktu                               :  1 Pertemuan (3 JPL)

Tujuan Pembelajaran

·         Meyakini bahwa tradisi islam nusantara sebagai bukti ajaran islam dapat mengakomodir nilai-nilai sosial budaya masyarakat
·         Menunjukkan perilaku peduli lingkungan sebagai implementasi mempelajari sejarah tradisi islam nusantara
·         Memberi komentar gambar atau tayangan yang terkait dengan hasil-hasil  seni tradisi Islam di Nusantara
·         Menjelaskan ciri khas seni tradisi Islam di Nusantara.
·         Menjelaskan karya seni  yang sesuai ajaran Islam.
·         Menjelaskan kriteria tradisi yang tidak menyimpang dari ajaran Islam.
·         Menjelaskan contoh-contoh seni atau budaya tradisi Islam Nusantara.
·         Melakukan analisis budaya tradisi yang sesuai dengan ajaran Islam dan yang tidak sesuai.
·         Menyajikan paparan  hasil analisis hasil karya seni yang sesuai ajaran Islam dan yang tidak sesuai.
·         Menyajikan paparan  hasil analisis budaya tradisi yang sesuai dengan ajaran Islam dan yang tidak sesuai.

5.      Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
5.1.       Alat dan Bahan
5.1.1.          Alat       : papan tulis, spidol
5.1.2.          Bahan : buku PAI kelas IX
5.1.3.          Pertanyaan
Dapatkah siswa menjelaskan tradisi Islam di Nusantara?
5.2.       Siswa berlatih praktik /mengerjakan tugas halaman buku  235 s.d. 252
Tentang tradisi Islam di Nusantara.
5.3.       Siswa mempresentasikan hasil kerja kelompok/individu
Tentang tradisi Islam di Nusantara
5.4.       Menyimpulkan dan Penilaian Pembelajaran
5.4.1.          Kesimpulan Pembelajaran
Tradisi Islam di Nusantara merupakan percampuran adat istiadat dengan nilai-nilai Islami.
5.4.2.         Penilaian
No.
Indikator
Butir Instrumen
1.
Menjelaskan dan menyebutkan tradisi nusantara sebelum Islam
Jelaskan dan sebutkan tradisi nusantara sebelum Islam !
2.
Menyebutkan pengaruh kebudayaan hindu budha dalam kebudayaaan Indonesia
Sebutkan pengaruh kebudayaan hindu budha dalam kebudayaaan Indonesia !
3.
Menyebutkan Seni Islam yang berkembang di Nusantara
Sebutkan Seni Islam yang berkembang di Nusantara !
4.
Menyebutkan tradisi atau budaya Islam yang berkembang di Nusantara
Sebutkan tradisi atau budaya Islam yang berkembang di Nusantara !
5.
Menjaga kelestarian tradisi Islam seiring dengan perkembangan zaman
Tuliskan minimal 2 tradisi Islam yang perlu dijaga/dilestarikan !
.Simpang Kelayang, 6 Juli. 2020
Mangetahui                                                                                           Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah

Drs. NAJRI,M.Si                                                                ELIAH AFRIDA,S.Ag.M.Pd.
NIP 196509091997031002                                                     NIP197604032000032006

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RPP Sesuai Surat Edaran Kemendikbud No 14 Tahun 2019

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

No. .13

Nama Satuan Pendidikan              :  SMP Negeri 2 Kelayang.
Mata Pelajaran/Tema                     :  Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Semester : IV/Ganjil            :  IX (Sembilan) / II (Genap)
Materi Pokok                                 :  Toleransi
Alokasi Waktu                               :  2 Pertemuan (6 JPL)

Tujuan Pembelajaran
1.    Pertemuan 1
·         Terbiasa membaca al-qur’an dengan meyakini bahwa toleransi dan menghargai perbedaan adalah perintah agama
·         Menunjukkan perilaku toleran dan menghargai perbedaan dalam pergaulan di sekolah dan masyarakat sebagai implementasi pemahaman q.s. al-hujurat/49: 13 dan hadis terkait
·         Memahami Q.S. al-Hujurāt/49: 13 tentang toleransi dan menghargai perbedaan.
·         Mengidentifikasi macam-macam bentuk tanda waqaf di dalam mushaf al Qur’an.
·         Mengidentifikasi dan mengklasifikasi tanda waqaf dalam Q.S. al-Hujurāt/49: 13.
·         Menyajikan paparan hasil pencarian tanda waqaf dalam Q.S. al-Hujurāt/49: 13.

2.                   Pertemuan Kedua
·         Menyusun arti perkata Q.S. al-Hujurāt/49: 13 menjadi terjemah secara utuh.
·         Menghafalkan Q.S. al-Hujurāt/49: 13
·         Merumuskan, mengoreksi, dan memperbaiki hasil penterjemahan Q.S. al-Hujurāt/49: 13.
·         Membaca q.s. al-hujurat/49: 13 dengan tartil
·         Mendemonstrasikan hafalan Q.S. al-Hujurāt/49: 13.
·         Menunjukkan / memaparkan hasil diskusi makna  Q.S. al-Hujurāt/49: 13.
·         Menanggapi paparan maknaQ.S. al-Hujurāt/49: 13.
·         Terbiasa membaca al-qur’an dengan meyakini bahwa toleransi dan menghargai perbedaan adalah perintah agama
·         Menunjukkan perilaku toleran dan menghargai perbedaan dalam pergaulan di sekolah dan masyarakat sebagai implementasi pemahaman q.s. al-hujurat/49: 13 dan hadis terkait

6.      Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
6.1.       Alat dan Bahan
6.1.1.          Alat       : papan tulis, spidol
6.1.2.          Bahan : Buku PAI kelas IX
6.1.3.          Pertanyaan
Dapatkah siswa memahami makna Q.S. al-Hujurāt/49: 13?
6.2.       Siswa berlatih praktik /mengerjakan tugas halaman buku .....
6.3.       Siswa mempresentasikan hasil kerja kelompok/individu
Tentang toleransi.
6.4.       Menyimpulkan dan Penilaian Pembelajaran
6.4.1.          Kesimpulan Pembelajaran
Q.S. al-Hujurāt/49: 13 menjelaskan tentang toleransi..
6.4.2.         Penilaian
No.
Indikator
Butir Instrumen
1.
Menjelaskan isi kandungan QS. al-Hujurat: 13
Jelaskan isi kandungan QS. al-Hujurat : 13!
2.
Menjelaskan contoh toleransi di rumah dan lingkungan sekolah
Jelaskan 2 contoh toleransi di lingkungan rumah dan sekolah!
3.
Menyebutkan akibat negatif tidak adanya sikap toleransi dan menghargai perbedaan dalam masyarakat
Tuliskan akibat negatif tidak adanya sikap toleransi dan menghargai perbedaan dalam masyarakat!
.Simpang Kelayang, 6 Juli. 2020
Mangetahui                                                                           Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah

Drs. NAJRI,M.Si                                                                ELIAH AFRIDA,S.Ag.M.Pd.
NIP 196509091997031002                                                       NIP197604032000032006



1 Komentar untuk "RPP PAI Kelas 9 K 13 satu lembar smt genap"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel