RPP satu lembar PAI K 13 kls 7 smt Ganjil


RPP Sesuai Surat Edaran Kemendikbud No 14 Tahun 2019

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

No: 1
Nama Satuan Pendidikan      :  SMP Negeri 2 Kelayang.
Mata Pelajaran                      :  Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Semester : IV/Ganjil   :  VII (Tujuh) / II (Ganjil)
Materi Pokok                        :  Asmaul Husna
Alokasi Waktu                     :  2 Pertemuan (6 JPL)

Tujuan Pembelajaran
Pertemuan pertama
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran melalui Metode Discovery Learning peserta didik diharapkan mampu:
1.         Tekun beribadah kepada Allah
2.         Rajin berdo’a setiap hari
3.         Memiliki sikap tekun, teliti dan bekerja keras
4.         Menjelaskan pengertian iman kepada allah SWT dengan benar.
5.         Menjelaskan pengertian Asmaul Husna secara bahasa  dan istilah dengan tepat
6.         Mengartikan Asmaul Husna al-‘Alim, al-Khobir, as-Sami’, dan al-Bashir dengan benar
7.         Menunjukkan dalil naqli tentang al-Asma‘u al-Husna: al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir dengan benar.
Pertemuan kedua
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran melalui Metode scientific Learning peserta didik diharapkan mampu:
1.         Menceritakan kejadian nyata yang berkaitan dengan Asmaul Husna al-Alim, al-Khobir, as-Sami’, dan al-Bashir dengan tepat.
2.         Mengidentifikasi nilai-nilai keteladanan dari Asmaul Husna al-‘Alim, al-Khobir, as-Sami’, dan al-Bashir dengan benar.
3.         Mengidentifikasi contoh perilaku yang mencerminkan orang yang meneladani al-Asma‘u al-Husna: al-’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Bashir dengan benar
4.         Menguraikan hikmah beriman kepada asmaul husna dengan benar.
1.   Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
1.1.    Alat dan Bahan
1.1.1.     Alat    : papan tulis, spidol, infocus, laptop
1.1.2.     Bahan : Buku PAI kelas VII
1.1.3.     Pertanyaan
Dapatkah anak menjelaskan asmaul husna?
1.2.    Siswa berlatih praktik /mengerjakan tugas tentang Asmaul Husna.
1.3.    Siswa mempresentasikan hasil kerja kelompok/individu
Tentang perbedaan malaikat dengan jin, manusia dan syetan.
1.4.    Menyimpulkan dan Penilaian Pembelajaran
1.4.1.     Kesimpulan Pembelajaran
Asmaul Husna adalah nama-nama  Allah Swt yang baik.
1.4.2.     Penilaian
1.      Arti dari Asmaul Husna adalah....
2.      Fatimah disuruh membeli minyak goreng di sebuah warung. Ketika menerima uang kembalian, ia tahu bahwa jumlahnya lebih dari seharusnya, lalu ia mengembalikannya. Ia sadar bahwa Allah Swt. selalu mengawasi perbuatannya, karena Allah Swt. bersifat.....
3.      Di antara bentuk pengamalan dari keyakinan terhadap al-‘Alim adalah

Simpang Kelayang, 13 Juli. 2020
Mangetahui                                                                   Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah

                     Drs. NAJRI,M.Si                                                     ELIAH AFRIDA,M.Pd.



RPP Sesuai Surat Edaran Kemendikbud No 14 Tahun 2019

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

No: 2
Nama Satuan Pendidikan      :  SMP Negeri 2 Kelayang.
Mata Pelajaran                      :  Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Semester : IV/Ganjil   :  VII (Tujuh) / II (Ganjil)
Materi Pokok                        :  Jujur, Amanah dan Istiqomah
Alokasi Waktu                     :  2 Pertemuan (6 JPL)

Tujuan Pembelajaran
Pertemuan pertama
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran melalui Metode Problem Based Learning  peserta didik diharapkan mampu:
a.         Membiasakan Berkata dan berbuat apa adanya sebagai implementasi keyakinan bahwa jujur, amanah dan istiqomah adalah perintah agama
b.        Membiasakan Bertutur kata dan berbuat yang dapat dipertanggung jawabkan.
c.         Bertutur kata dan berbuat  dengan konsisten sesuai perintah agama
d.        Membiasakan berperilaku jujur, amanah dan istiqomah dalam kehidupan sehari-hari
e.         Membiasakan teguh pendirian dalam ucapan dan perbuatan
f.         Menjelaskankan pengertian jujur, amanah, dan istiqomah dengan benar
g.         Menyebutkan dalil naqli tentang jujur, amanah, dan istiqomah dengan tepat
h.        Memberi contoh prilaku jujur amanah, dan istiqomah dalam kehidupan sehari-hari
i.          Menjelaskan hikmah perilaku jujur, amanah, dan istiqomah dengan benar.

2.       Pertemuan Kedua
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran melalui  metode Project Based Learning  peserta didik diharapkan mampu:
a.         Mengidentifikasi perilaku  jujur, amanah dan istiqomah dengan benar.
b.        Membuat poster yang rapi dan indah tentang  perilaku  jujur, amanah dan istiqomah.
c.         Menyajikan contoh perilaku  jujur, amanah dan istiqomah dalam bentuk poster dengan baik.
d.        Mendiskusikan contoh perilaku jujur, amanah dan istiqomah dengan tepat.
e.         Mempersentasikan contoh perilaku jujur, amanah dan istiqomah dengan tepat
2.   Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
2.1.    Alat dan Bahan
2.1.1.     Alat    : papan tulis, spidol, infocus, laptop
2.1.2.     Bahan : Buku PAI kelas VII
2.1.3.     Pertanyaan
Dapatkah anak menjelaskan pengertian jujur, amanah dan istiqomah?
2.2.    Siswa berlatih praktik /mengerjakan tugas tentang Jujur, amanah dan istiqomah
2.3.    Siswa mempresentasikan hasil kerja kelompok/individu
Tentang contoh perbuatan jujur, amanah dan istiqomah..
2.4.    Menyimpulkan dan Penilaian Pembelajaran
2.4.1.     Kesimpulan Pembelajaran
Jujur adalah kesesuaian sikap antara perkataan dan perbuatan yang sebenarnya
Amanah artinya terpercaya (dapat dipercaya)
Istiqamah berarti tegak, lurus, tekun dan ulet
2.4.2.     Penilaian
1.      Jelaskan pengertian jujur, amanah dan istiqamah!
2.      Tuliskan masing-masing contoh perilaku jujur, amanah dan istiqamah dalam kehidupan sehari-hari.
                                                                               Simpang Kelayang, 13 Juli  2020
Mangetahui                                                                   Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah

                   Drs. NAJRI,M.Si                                               ELIAH AFRIDA,M.Pd.



RPP Sesuai Surat Edaran Kemendikbud No 14 Tahun 2019

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

No: 3
Nama Satuan Pendidikan      :  SMP Negeri 2 Kelayang.
Mata Pelajaran                      :  Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Semester : IV/Ganjil   :  VII (Tujuh) / II (Ganjil)
Materi Pokok                        :  Bersuci dari hadas
Alokasi Waktu                     :  3 Pertemuan (9 JPL)

Tujuan Pembelajaran
Pertemuan pertama
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran melalui Metode scientific  peserta didik diharapkan mampu:
f.         Menjelaskan Pengertian bersuci dari hadas dan nasjis berdasarkan ketentuan syari’at dengan benar.
g.         Menjelaskan macam-macam hadas dan najis dan tata cara mensucikannya dengan benar
h.        Menentukan air yang dapat digunakan untuk bersuci dengan benar
i.          Menjelaskan ketentuan tatacara berwudhu’ dan mandi wajib dengan benar
j.          Menjelaskan hikmah dan manfaat bersuci dari hadas dan nasjis berdasarkan ketentuan syari’at dengan benar
3.       Pertemuan Kedua
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran melalui metode scientific  peserta didik diharapkan mampu:
a.         Membaca doa setelah bersuci dengan benar
b.        Membiasakan berperilaku hidup bersih sebagai wujud ketentuan bersuci dari hadas besar berdasarkan ketentuan syari’at Islam dengan benar
c.         Menyenangi  pola hidup bersih diri, lingkungan dan tempat tinggal dengan benar
d.        Mendemontrasikan tatacara melafalkan niat dan praktik  berwudhu’, tayamum dan mandi wajib dengan benar
e.         Mempraktikkan berwudhu’ dan tayamum dengan benar
f.         Menjelaskan hikmah dan manfaat berwudhu’ dan tayamum dengan benar.
4.       Pertemuan Ketiga
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran melalui  metode  scientific peserta didik diharapkan mampu:
a.         Membedakan macam-macam najis  (najis ringan, sedang dan berat) dengan benar
b.        Mempraktikkan mensucikan najis ringan, sedang dan berat dengan baik
c.         Menjelaskan hikmah dan manfaat mempelajari tata cara mensucikan dari najis ringan, sedang dan berat dengan benar
3.   Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
3.1.    Alat dan Bahan
3.1.1.     Alat    : papan tulis, spidol, infocus, laptop
3.1.2.     Bahan : Buku PAI kelas VII
3.1.3.     Pertanyaan
Dapatkah anak menjelaskan bersuci dari hadas?
3.2.    Siswa berlatih praktik /mengerjakan tugas tentang bersuci dari hadas dan najis.
3.3.    Siswa mempresentasikan hasil kerja kelompok/individu
Tentang tatacara bersuci: wudhu, tayammum dan mandi wajib..
3.4.    Menyimpulkan dan Penilaian Pembelajaran
3.4.1.     Kesimpulan Pembelajaran
Cara bersuci dari hadas adalah dengan cara berwudhu, mandi dan tayammum. Sedangkan cara bersuci dari najis adalah dengan cara menghilangkan najis yang menempel pada badan, tempat, dan pakaian.
3.4.2.     Penilaian
1.      Jelaskan pengertian Thaharah ?
2.      Jelaskan manfaat dari bersuci dari hadas dan najis !
Simpang Kelayang, 13 Juli. 2020
Mangetahui                                                                   Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah

                        Drs. NAJRI,M.Si                                                            ELIAH AFRIDA,S.Ag.M.Pd.

                                   


RPP Sesuai Surat Edaran Kemendikbud No 14 Tahun 2019

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

No: 4
Nama Satuan Pendidikan      :  SMP Negeri 2 Kelayang.
Mata Pelajaran                      :  Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Semester : IV/Ganjil   :  VII (Tujuh) / II (Ganjil)
Materi Pokok                        :  Sholat berjamaah
Alokasi Waktu                     :  3 Pertemuan (9 JPL)

Tujuan Pembelajaran
Pertemuan pertama
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran melalui Metode Discovery Learning peserta didik diharapkan mampu:
a.         Menunjukkan ketekunan dalam menunaikan shalat berjamaah sebagai implementasi pemahaman rukun Islam
b.         Menunjukkan kekhusukan dalam  menunaikan shalat berjamaah sebagai  implementasi pemahaman rukun Islam.
c.         Menunjukkan sikap kebersamaan  sebagai  implementasi pelasanaan shalat berjamaah.
d.         Menunjukkan sikap menghargai pendapat teman sebagai implementasi pelaksanaan  shalat berjamaah
e.         Menunjukkan ketaatan kepada pemimpin  sebagi implementasi pelaksanaan shalat berjamaah
f.          Menjelaskan pengertian dan ketentuan shalat  berjam’ah dengan benar
g.         Menyebutkan dalil  dan hukum melaksanakan shalat berjamaah dengan benar
h.         Menganalisa keutamaan shalat berjamaah dengan benar
i.           Menyebutkan halangan shalat berjamaah dengan benar
Pertemuan kedua
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran melalui Metode Problem based Learning  peserta didik diharapkan mampu:
a.         Menjelaskan syarat dan tata cara menjadi Imam dan makmum yang masbuk dengan benar
b.         Simulasi tata cara shalat  Berjamaah
c.         Mendemontrasikan tata cara shalat  Berjamaah

Pertemuan ketiga
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran melalui Metode scientific  peserta didik diharapkan mampu: “Mempraktikkan sholat berjamaah dengan tertib”.
4.   Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
4.1.    Alat dan Bahan
4.1.1.     Alat    : papan tulis, spidol, infocus, laptop
4.1.2.     Bahan : Buku PAI kelas VII
4.1.3.     Pertanyaan
Dapatkah anak menjelaskan tata cara sholat berjamaah?
4.2.    Siswa berlatih praktik /mengerjakan tugas tentang sholat berjamaah.
4.3.    Siswa mempresentasikan hasil kerja kelompok/individu
Tentang tata cara sholat berjamaah.
4.4.    Menyimpulkan dan Penilaian Pembelajaran
4.4.1.     Kesimpulan Pembelajaran
shalat berjamaah adalah Shalat yang dikerjakan oleh dua orang atau lebih secara bersama-sama dan salah seorang dari mereka menjadi imam.
4.4.2.   Penilaian
1.      Tuliskan pengertian  shalat berjamaah!
2.      Shalat berjamaah hukumnya adalah...
.Simpang Kelayang, 13 Juli. 2020
Mangetahui                                                                   Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah

                         Drs. NAJRI,M.Si                                             ELIAH AFRIDA,M.Pd.




RPP Sesuai Surat Edaran Kemendikbud No 14 Tahun 2019

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

No: 5
Nama Satuan Pendidikan      :  SMP Negeri 2 Kelayang.
Mata Pelajaran                      :  Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Semester : IV/Ganjil   :  VII (Tujuh) / II (Ganjil)
Materi Pokok                        :  Sejarah Nabi Muhammad Saw periode Makkah
Alokasi Waktu                     :  2 Pertemuan (6 JPL)

Tujuan Pembelajaran
Pertemuan pertama
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran melalui metode discovery learning peserta didik diharapkan mampu:
1.         Bersyukur kepada Allah atas diutusnya Nabi  Muhammad saw dengan selalu bershalawat bila mendengar nama Nabi Muhammad 
2.         Membiasakan bershalawat  ketika   mendengar nama Nabi Muhammad saw
3.     Membiasakan berdoa untuk  Nabi Muhammad saw beserta keluarganya.
4.     Menunjukkan sikap sopan santun sebagai wujud mencintai Rasulullah saw dalam kehidupan sehari- hari
5.     Menunjukkan sikap ulet dalam belajar sebagai wujud mencintai Rasulullah saw dalam kehidupan sehari- hari
6.     Menampilkan sikap jujur dalam berbicara.
7.     Menjelaskan keadaan masyarakat Mekkah sebelum kelahiran Nabi Muhammad  saw dengan benar.
8.     Menceritakan kisah kelahiran  nabi Muhammad saw sampai masa remaja  dengan benar
9.     Menguraikan kisah nabi Muhammad saw di masa remaja sampai diangkat menjadi rasul dengan benar
10.     Mendeskripsikan kejadian-kejadian yang dialami nabi Muhammad sejak diangkat menjadi rasul sampai hijrah dengan benar
Pertemuan kedua
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran melalui Metode project based learning peserta didik diharapkan mampu:
1.      Membuat paparan tentang gambaran Strategi perjuangan yang dilakukan Nabi Muhammad  saw periode Mekkah dengan benar
2.      Mendokumentasikan perjuangan Rasul melalui peta konsep dengan benar
3.      Mendiskusikan strategi perjuangan yang dilakukan Nabi Muhammad Saw. periode Makkah dengan benar
4.      Mempresentasikan paparan tentang gambaran Strategi perjuangan yang dilakukan Nabi Muhammad  saw periode Mekkah dengan benar.
5.   Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
5.1.    Alat dan Bahan
5.1.1.     Alat    : papan tulis, spidol
5.1.2.     Bahan : Buku PAI kelas VII
5.1.3.     Pertanyaan
Dapatkah anak menjelaskan sejarah Nabi Muhammad saw periode Makkah?
5.2.    Siswa berlatih praktik /mengerjakan tugas tentang sejarah Nabi periode Makkah
5.3.    Siswa mempresentasikan hasil kerja kelompok/individu
Tentang sejarah Nabi periode Makkah.
5.4.    Menyimpulkan dan Penilaian Pembelajaran
5.4.1.     Kesimpulan Pembelajaran
Nabi Muhammad saw. lahir dalam keadaan yatim. Ayahnya, Abdullah bin Abdul Muthalib wafat saat Nabi Muhammad saw. Masih berusia 6 bulan di dalam kandungan ibunya, Siti Aminah
5.4.2.    . Penilaian
1.  Nabi Muhammad saw. lahir pada....
2.  Nabi Muhammad saw. diangkat menjadi Rasul ditandai dengan menerima wahyu Q.S….
Simpang Kelayang, 13 Juli. 2020
Mangetahui                                                                   Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah

                    Drs. NAJRI,M.Si                                                   ELIAH AFRIDA,M.Pd.



RPP Sesuai Surat Edaran Kemendikbud No 14 Tahun 2019

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

No: 6
Nama Satuan Pendidikan      :  SMP Negeri 2 Kelayang.
Mata Pelajaran                      :  Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/Semester : IV/Ganjil   :  VII (Tujuh) / II (Ganjil)
Materi Pokok                        :  Q.S  al- Mujadilah/58: 11 dan Q.S. ar-Rahman/55: 33
Alokasi Waktu                     :  3 Pertemuan (9 JPL)
Tujuan Pembelajaran
Pertemuan pertama
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran melalui pendekatan scientific dan drill peserta didik diharapkan mampu:
1.     Membiasakan diri dengan membaca al-Qur’an dengan baik dan benar.
2.     Membiasakan membaca al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari.
3.     Membiasakan belajar tahsin al-Qur’an dan memahami isi kandungan al-Qur’an dengan baik
4.     Menunjukkan sikap semangat yang tinggi untuk menuntut ilmu sebagai implementasi Q.S. al-Mujadilah/58: 11, Q.S. ar-Rahman/55: 33 dan hadis terkait.
5.     Membiasakan semangat dalam mempelajari al-Qur’an.
6.     Membaca Q.S. al-Mujadilah/58: 11 dan Q.S. ar-Rahman/55: 33 dengan tartil baik secara mandiri maupun bersama-sama.
7.     Mengartikan kata per kata dalam Q.S. al-Mujadilah/58: 11, Q.S. ar-Rahman/55: 33 dengan baik.
8.     Menerjemahkan secara keseluruhan Q.S. al-Mujadilah/58: 11, Q.S. ar-Rahman/55: 33 dengan benar.
Pertemuan kedua
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran melalui Metode scientific peserta didik diharapkan mampu:
1.         Menghafal  Q.S. al-Mujadilah/58: 11 dan Q.S. ar-Rahman/55: 33 dengan tartil baik secara mandiri maupun bersama-sama.
2.         Menghafal arti kata per kata Q.S. al-Mujadilah/58: 11, Q.S. ar-Rahman/55: 33 dengan benar.
3.         Menerjemahkan secara keseluruhan arti /terjemahan Q.S. al-Mujadilah/58: 11, Q.S. ar-Rahman/55: 33 dengan benar.
Pertemuan ketiga
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran melalui Metode scientific peserta didik diharapkan mampu:
1.         Menjelaskan makna isi kandungan Q.S. al-Mujadilah/58: 11, Q.S. ar-Rahman/55: 33 dan hadis terkait tentang menuntut ilmu dengan benar.
2.         Menguraikan manfaat menuntut Ilmu dengan benar.
3.         Mendiskusikan keterkaitan semangat menuntut ilmu dengan pesan Q.S  al- Mujadilah/58: 11 dan Q.S. ar-Rahman/55: 33 dengan baik.
4.         Mempersentasikan keterkaitan semangat menuntut ilmu dengan pesan Q.S  al- Mujadilah/58: 11 dan Q.S. ar-Rahman/55: 33 dengan baik.

6.   Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
6.1.    Alat dan Bahan
6.1.1.     Alat    : papan tulis, spidol
6.1.2.     Bahan : Buku PAI kelas VII
6.1.3.     Pertanyaan
Dapatkah anak menjelaskan Q.S  al- Mujadilah/58: 11 dan Q.S. ar-Rahman/55: 33?
6.2.    Siswa berlatih praktik /mengerjakan tugas tentang Q.S  al- Mujadilah/58: 11 dan Q.S. ar-Rahman/55: 33
6.3.    Siswa mempresentasikan hasil kerja kelompok/individu
Tentang Q.S  al- Mujadilah/58: 11 dan Q.S. ar-Rahman/55: 33
Menyimpulkan dan Penilaian Pembelajaran
6.3.1.     Kesimpulan Pembelajaran
Surah al-Mujadalah/58 ayat 11 menjelaskan keutamaan orang-orang beriman dan berilmu pengetahuan. Kalau surah ar-Rahman/55 ayat 33 menjelaskan pentingnya ilmu pengetahuan, maka ayat ini menegaskan bahwa orang yang beriman dan berilmu pengetahuan akan diangkat derajatnya oleh Allah SWT.
6.3.2.   Penilaian
1.  Artikan QS. Al Mujadilah (58): 11 berikutini   !


2.  Artikan QS. Ar-Rahman (55): 33  berikutini!.
 





Simpang Kelayang, 13 Juli. 2020
            Mengetahui                                                                   Guru Mata Pelajaran
            Kepala Sekolah

            Drs. NAJRI,M.Si                                                  ELIAH AFRIDA,M.Pd.
















Belum ada Komentar untuk "RPP satu lembar PAI K 13 kls 7 smt Ganjil"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel