SILABUS PAI KLS 9 SMT GENAP K 13
SILABUS
Nama
Sekolah : SMP N 2 Kelayang
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas
/ Semester : IX / II (Genap)
Kompetensi Inti : 1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.
Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleran, gotong royong),
santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial
dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.
Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata
4.
Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
Kompetensi Dasar (KD) |
Materi Pembelajaran |
Kegiatan Pembelajaran |
Teknik Penilaian |
Alokasi
Waktu |
Sumber Belajar |
1.4. Beriman kepada qadha
dan qadar |
Iman Kepada Qadha dan Qadar |
Melakukan pengamatan sikap selama dalam proses
pembelajaran : 1. tawakkal |
Tekhnik: Observasi dan
Penilaian Diri Bentuk : JURNAL dan
Lembar Penilaian diri |
6 JP |
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016. Buku
Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas IX. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan |
2.4. Menunjukkan perilaku
tawakal kepada allah swt sebagai implementasi pemahaman iman kepada qadha dan
qadar |
Melakukan pengamatan sikap selama dalam proses
pembelajaran : 1. tawakkal |
Tekhnik: Observasi dan
Penilaian Diri Bentuk : JURNAL dan
Lembar Penilaian diri |
|||
3.4. Memahami makna iman
kepada qadha dan qadar berdasarkan pengamatan terhadap dirinya, alam sekitar
dan makhluk ciptaan-nya |
1. Melalui Pendekatan Scientific
Siswa secara berkelompok berdiskusi tentang
makna
Iman kepada qadha dan qadar |
Tekhnik:
Tes
Tulis Bentuk
: Soal Objektif dan Essay |
|||
4.4. Menyajikan dalil naqli tentang adanya qadha
dan qadar |
Membuat karya berbentuk : hapalan |
Tekhnik: Tes Tulis Bentuk : Produk |
|
||
1.7.
Meyakini bahwa berbakti dan taat tata krama, sopan santun, dan rasa
malu adalah ajaran pokok agama |
Tata
Krama, Santun, dan Malu |
Melakukan pengamatan sikap selama dalam proses
pembelajaran : 1. tata krama 2. santun dan
malu |
Tekhnik: Observasi dan
Penilaian Diri Bentuk : JURNAL dan
Lembar Penilaian diri |
6 JP |
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016. Buku
Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas IX. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan |
2.7.
Menunjukkan perilaku tata krama, sopan santun, dan rasa malu |
Melakukan pengamatan sikap selama dalam proses
pembelajaran : 1. tata krama 2. santun dan
malu |
Tekhnik: Observasi dan
Penilaian Diri Bentuk : JURNAL dan
Lembar Penilaian diri |
|||
3.7.
Memahami makna tata krama, sopan santun, dan rasa malu |
1. Melalui Pendekatan Scientific Siswa secara berkelompok
berdiskusi tentang tata
krama, santun dan malu |
Tekhnik:
Tes
Tulis Bentuk
: Soal Objektif dan Essay |
|||
4.7. Menyajikan contoh perilaku tata krama,
sopan-santun, dan rasa malu |
Membuat karya berupa; drama |
Tekhnik: Tes Tulis Bentuk : Produk |
|||
1.10.
Menjalankan ketentuan syariat islam dalam penyembelihan hewan |
Penyembelihan
Hewan |
Melakukan pengamatan sikap selama dalam proses pembelajaran : 1. peduli
lingkungan |
Tekhnik: Observasi dan
Penilaian Diri Bentuk : JURNAL dan
Lembar Penilaian diri |
6 JP |
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016. Buku
Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas IX. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan |
2.10.
Menunjukkan perilaku peduli terhadap lingkungan sebagai implementasi
pemahaman ajaran penyembelihan hewan |
Melakukan pengamatan sikap selama dalam proses pembelajaran : 1. peduli
lingkungan |
Tekhnik: Observasi dan
Penilaian Diri Bentuk : JURNAL dan
Lembar Penilaian diri |
|||
3.10.
Memahami ketentuan penyembelihan hewan dalam islam |
1. Melalui Pendekatan Scientific Siswa secara berkelompok
berdiskusi tentang ketentuan
penyembelihan hewan dalam Islam |
Tekhnik:
Tes
Tulis Bentuk
: Soal Objektif dan Essay |
|||
4.10. Memperagakan tata cara penyembelihan hewan |
1.Secara
berkelompok mmeragakan tata cara penyembelihan hewan. |
Tekhnik: Tes Tulis Bentuk : Produk |
|||
1.11.
Melaksanakan qurban dan aqiqah |
Qurban
dan Aqiqah |
Melakukan pengamatan sikap selama dalam proses pembelajaran : 1. empati 2. gemar
menolong |
Tekhnik: Observasi dan
Penilaian Diri Bentuk : JURNAL dan
Lembar Penilaian diri |
6 JP |
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016. Buku
Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas IX. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan |
2.11.
Menunjukkan perilaku empati dan gemar menolong kaum du’afa sebagai
implementasi pemahaman makna ibadah qurban dan aqiqah |
Melakukan pengamatan sikap selama dalam proses pembelajaran : 1. empati 2. gemar
menolong |
Tekhnik: Observasi dan
Penilaian Diri Bentuk : JURNAL dan
Lembar Penilaian diri |
|||
3.11.
Memahami ketentuan qurban dan aqiqah |
1. Melalui Pendekatan Scientific Siswa secara berkelompok
berdiskusi tentang qurban
dan aqiqah |
Tekhnik:
Tes
Tulis Bentuk
: Soal Objektif dan Essay |
|||
4.11. Menjalankan
pelaksanaan ibadah qurban dan aqiqah di lingkungan sekitar rumah |
1.siswa membuat laporan pelaksanaan qurban dan aqiqah di
lingkungannya |
Tekhnik: Tes Tulis Bentuk : Produk |
|||
1.13.
Meyakini bahwa tradisi islam nusantara sebagai bukti ajaran islam
dapat mengakomodir nilai-nilai sosial budaya masyarakat |
Tradisi
Islam di Nusantara |
Melakukan pengamatan sikap selama dalam proses pembelajaran : 1. peduli
lingkungan |
Tekhnik: Observasi dan
Penilaian Diri Bentuk : JURNAL dan
Lembar Penilaian diri |
6 JP |
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016. Buku
Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas IX. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan |
2.13.
Menunjukkan perilaku peduli lingkungan sebagai implementasi mempelajari
sejarah tradisi islam nusantara |
Melakukan pengamatan sikap selama dalam proses pembelajaran : 1. peduli
lingkungan |
Tekhnik: Observasi dan
Penilaian Diri Bentuk : JURNAL dan
Lembar Penilaian diri |
|||
3.13.
Memahami sejarah tradisi islam nusantara |
1. Melalui Pendekatan Scientific Siswa secara berkelompok bermain
cerdas cermat tentang tradisi Islam di Nusantara |
Tekhnik:
Tes
Tulis Bentuk
: Soal Objektif dan Essay |
|
||
4.13.
Menyajikan sejarah dan perkembangan tradisi islam nusantara |
Secara berkelompok membuat paparan tentang tradisi
Islam di Nusantara |
Tekhnik: Tes Tulis Bentuk : Produk |
|||
1.2.
Terbiasa membaca al-qur’an dengan meyakini bahwa toleransi dan
menghargai perbedaan adalah perintah agama |
Q.S. Al-hujurat/49: 13
tentang Toleransi dan Menghargai Perbedaan dan Hadis Terkait |
Melakukan pengamatan sikap selama dalam proses pembelajaran : 1. toleransi 2. menghargai
perbedaan |
Tekhnik: Observasi dan
Penilaian Diri Bentuk : JURNAL dan
Lembar Penilaian diri |
9 JP |
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016. Buku
Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas IX. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan |
2.2.
Menunjukkan perilaku toleran dan menghargai perbedaan dalam pergaulan
di sekolah dan masyarakat sebagai implementasi pemahaman q.s. al-hujurat/49:
13 dan hadis terkait |
Melakukan pengamatan sikap selama dalam proses pembelajaran : 1. toleransi 2. menghargai
perbedaan |
Tekhnik: Observasi dan
Penilaian Diri Bentuk : JURNAL dan
Lembar Penilaian diri |
|||
3.2.
Memahami q.s. al-hujurat/49: 13 tentang toleransi dan menghargai
perbedaan dan hadis terkait |
1. Melalui Pendekatan Scientific siswa memahami q.s. al-hujurat/49: 13 tentang
toleransi dan menghargai perbedaan dan hadis terkait |
Tekhnik:
Tes
Tulis Bentuk
: Soal Objektif dan Essay |
|||
"4.2.1. Membaca q.s. al-hujurat/49: 13 dengan
tartil 4.2.2. Menunjukkan hafalan q.s. al-hujurat/ 49: 13
serta hadis terkait dengan lancar 4.2.3. Menyajikan keterkaitan toleransi dan
menghargai perbedaan dengan pesan q.s. al-hujurat/ 49: 13 " |
Siswa membaca Siswa menghapal Membuat paparan |
Tekhnik: Tes Tulis Bentuk : Produk |
|
Mengetahui Simpang Kelayang, Juli 2020
Kepala Sekolah Guru
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Drs, NAJRI ELIAH AFRIDA,M.Pd
Belum ada Komentar untuk "SILABUS PAI KLS 9 SMT GENAP K 13"
Posting Komentar