SILABUS PAI KLS 9 SMT GENAP K 13

SILABUS

Nama Sekolah             :    SMP N 2 Kelayang

Mata Pelajaran             :    Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti

Kelas / Semester          :    IX / II (Genap)

Kompetensi Inti           :  1.   Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya

2.    Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleran, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.

3.    Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata

4.    Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

Kompetensi Dasar (KD)

Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Teknik Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Belajar

1.4.  Beriman kepada qadha dan qadar

Iman Kepada Qadha dan Qadar

Melakukan pengamatan sikap selama dalam proses pembelajaran :

1.    tawakkal

 

Tekhnik: Observasi dan Penilaian Diri

 

Bentuk : JURNAL dan Lembar Penilaian diri

6 JP

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016. Buku Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas IX. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

2.4.  Menunjukkan perilaku tawakal kepada allah swt sebagai implementasi pemahaman iman kepada qadha dan qadar

Melakukan pengamatan sikap selama dalam proses pembelajaran :

1.    tawakkal

Tekhnik: Observasi dan Penilaian Diri

 

Bentuk : JURNAL dan Lembar Penilaian diri

3.4.  Memahami makna iman kepada qadha dan qadar berdasarkan pengamatan terhadap dirinya, alam sekitar dan makhluk ciptaan-nya

1. Melalui Pendekatan Scientific Siswa secara berkelompok berdiskusi tentang  makna Iman kepada qadha dan qadar

Tekhnik:

Tes Tulis

Bentuk : Soal Objektif dan Essay

4.4.  Menyajikan dalil naqli tentang adanya qadha dan qadar

 

Membuat karya berbentuk :

hapalan

Tekhnik:

Tes Tulis

 

Bentuk : Produk

 

1.7.  Meyakini bahwa berbakti dan taat tata krama, sopan santun, dan rasa malu adalah ajaran pokok agama

Tata Krama, Santun, dan Malu

Melakukan pengamatan sikap selama dalam proses pembelajaran :

1.   tata krama

2.   santun dan malu

Tekhnik: Observasi dan Penilaian Diri

 

Bentuk : JURNAL dan Lembar Penilaian diri

6 JP

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016. Buku Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas IX. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

2.7.  Menunjukkan perilaku tata krama, sopan santun, dan rasa malu

Melakukan pengamatan sikap selama dalam proses pembelajaran :

1.   tata krama

2.   santun dan malu

Tekhnik: Observasi dan Penilaian Diri

 

Bentuk : JURNAL dan Lembar Penilaian diri

3.7.  Memahami makna tata krama, sopan santun, dan rasa malu

1. Melalui Pendekatan Scientific Siswa secara berkelompok berdiskusi tentang  tata krama, santun dan malu

Tekhnik:

Tes Tulis

Bentuk : Soal Objektif dan Essay

4.7.  Menyajikan contoh perilaku tata krama, sopan-santun, dan rasa malu

 

Membuat karya berupa; drama

Tekhnik:

Tes Tulis

 

Bentuk : Produk

1.10.  Menjalankan ketentuan syariat islam dalam penyembelihan hewan

Penyembelihan Hewan

Melakukan pengamatan sikap selama dalam proses pembelajaran :

1.   peduli lingkungan

 

Tekhnik: Observasi dan Penilaian Diri

 

Bentuk : JURNAL dan Lembar Penilaian diri

6 JP

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016. Buku Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas IX. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

2.10.  Menunjukkan perilaku peduli terhadap lingkungan sebagai implementasi pemahaman ajaran penyembelihan hewan

Melakukan pengamatan sikap selama dalam proses pembelajaran :

1.   peduli lingkungan

 

Tekhnik: Observasi dan Penilaian Diri

 

Bentuk : JURNAL dan Lembar Penilaian diri

3.10.  Memahami ketentuan penyembelihan hewan dalam islam

1. Melalui Pendekatan Scientific Siswa secara berkelompok berdiskusi tentang  ketentuan penyembelihan hewan dalam Islam

Tekhnik:

Tes Tulis

Bentuk : Soal Objektif dan Essay

4.10.  Memperagakan tata cara penyembelihan hewan

 

 

 

1.Secara berkelompok mmeragakan tata cara penyembelihan hewan.

Tekhnik:

Tes Tulis

 

Bentuk : Produk

1.11.  Melaksanakan qurban dan aqiqah

Qurban dan Aqiqah

Melakukan pengamatan sikap selama dalam proses pembelajaran :

1.    empati

2.    gemar menolong

 

Tekhnik: Observasi dan Penilaian Diri

 

Bentuk : JURNAL dan Lembar Penilaian diri

6 JP

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016. Buku Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas IX. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

2.11.  Menunjukkan perilaku empati dan gemar menolong kaum du’afa sebagai implementasi pemahaman makna ibadah qurban dan aqiqah

Melakukan pengamatan sikap selama dalam proses pembelajaran :

1.    empati

2.    gemar menolong

 

Tekhnik: Observasi dan Penilaian Diri

 

Bentuk : JURNAL dan Lembar Penilaian diri

3.11.  Memahami ketentuan qurban dan aqiqah

1. Melalui Pendekatan Scientific Siswa secara berkelompok berdiskusi tentang  qurban dan aqiqah

 

Tekhnik:

Tes Tulis

Bentuk : Soal Objektif dan Essay

4.11.  Menjalankan pelaksanaan ibadah qurban dan aqiqah di lingkungan sekitar rumah

 

1.siswa membuat laporan pelaksanaan qurban dan aqiqah di lingkungannya

 

Tekhnik:

Tes Tulis

 

Bentuk : Produk

1.13.  Meyakini bahwa tradisi islam nusantara sebagai bukti ajaran islam dapat mengakomodir nilai-nilai sosial budaya masyarakat

Tradisi Islam di Nusantara

Melakukan pengamatan sikap selama dalam proses pembelajaran :

1.    peduli lingkungan

 

Tekhnik: Observasi dan Penilaian Diri

 

Bentuk : JURNAL dan Lembar Penilaian diri

6 JP

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016. Buku Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas IX. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

2.13.  Menunjukkan perilaku peduli lingkungan sebagai implementasi mempelajari sejarah tradisi islam nusantara

Melakukan pengamatan sikap selama dalam proses pembelajaran :

1.    peduli lingkungan

 

Tekhnik: Observasi dan Penilaian Diri

 

Bentuk : JURNAL dan Lembar Penilaian diri

3.13.  Memahami sejarah tradisi islam nusantara

1. Melalui Pendekatan Scientific Siswa secara berkelompok bermain cerdas cermat tentang tradisi Islam di Nusantara

 

Tekhnik:

Tes Tulis

Bentuk : Soal Objektif dan Essay

 

4.13.  Menyajikan sejarah dan perkembangan tradisi islam nusantara

 

Secara berkelompok membuat paparan tentang tradisi Islam di Nusantara

 

Tekhnik:

Tes Tulis

 

Bentuk : Produk

1.2.  Terbiasa membaca al-qur’an dengan meyakini bahwa toleransi dan menghargai perbedaan adalah perintah agama

Q.S. Al-hujurat/49: 13 tentang Toleransi dan Menghargai Perbedaan dan Hadis Terkait

Melakukan pengamatan sikap selama dalam proses pembelajaran :

1.    toleransi

2.    menghargai perbedaan

 

Tekhnik: Observasi dan Penilaian Diri

 

Bentuk : JURNAL dan Lembar Penilaian diri

9 JP

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016. Buku Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas IX. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

2.2.  Menunjukkan perilaku toleran dan menghargai perbedaan dalam pergaulan di sekolah dan masyarakat sebagai implementasi pemahaman q.s. al-hujurat/49: 13 dan hadis terkait

Melakukan pengamatan sikap selama dalam proses pembelajaran :

1.    toleransi

2.    menghargai perbedaan

 

Tekhnik: Observasi dan Penilaian Diri

 

Bentuk : JURNAL dan Lembar Penilaian diri

3.2.  Memahami q.s. al-hujurat/49: 13 tentang toleransi dan menghargai perbedaan dan hadis terkait

 

 

 

 

 

1. Melalui Pendekatan Scientific siswa memahami q.s. al-hujurat/49: 13 tentang toleransi dan menghargai perbedaan dan hadis terkait

 

Tekhnik:

Tes Tulis

Bentuk : Soal Objektif dan Essay

"4.2.1.  Membaca q.s. al-hujurat/49: 13 dengan tartil

 

4.2.2.  Menunjukkan hafalan q.s. al-hujurat/ 49: 13 serta hadis terkait dengan lancar

 

4.2.3.  Menyajikan keterkaitan toleransi dan menghargai perbedaan dengan pesan q.s. al-hujurat/ 49: 13

"

 

 

 

 

Siswa membaca

 

 

 

 

 

Siswa menghapal

 

 

 

 

 

 

 

Membuat paparan

Tekhnik:

Tes Tulis

 

Bentuk : Produk

 

Mengetahui                                                                  Simpang Kelayang, Juli 2020

Kepala Sekolah                                   Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti

 

 

 

Drs, NAJRI                                                                ELIAH AFRIDA,M.Pd


Belum ada Komentar untuk "SILABUS PAI KLS 9 SMT GENAP K 13"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel